25 June 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeInformasi6 Rekomendasi Wisata Ke Temajuk Sambas

6 Rekomendasi Wisata Ke Temajuk Sambas

Informasi (Kalbar Sepekan) – Temajuk, terletak di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, adalah sebuah desa yang menawarkan pesona alam yang masih alami dan eksotis. Dengan pantai yang panjang, hutan mangrove, dan kehidupan laut yang beragam, Temajuk menjadi destinasi wisata yang menarik, tentunya anda dapat beberapa paket Homestay Temajuk Sambas. Berikut adalah beberapa tempat Desa Wisata yang dapat Anda kunjungi di Temajuk Sambas:

6 Destinasi Wisata Sambas yang ada di Temajuk

1. Batu Nenek

Batu Nenek adalah formasi batuan alami yang unik dan memiliki nilai sejarah serta mitos bagi masyarakat lokal. Batu ini dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah dan sering menjadi tempat berfoto bagi wisatawan.

Fasilitas: Tersedia area parkir, tempat istirahat, dan warung makan yang menjual makanan dan minuman ringan.

Cara Pergi & Biaya: Dari pusat Kota Sambas, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil. Perjalanan memakan waktu sekitar 2-3 jam dengan jarak Sambas ke Temajuk 123 Km dengan biaya bahan bakar sekitar Rp 150,000 – Rp 200,000.

Sementara jarak dari Pontianak ke Temajuk 9-10 jam dengan jarak 327,4 Km perkiraan bahan bakar sekitar Rp 450,000 – Rp 500.000.

2. Rumah Terbalik

Rumah Terbalik adalah objek wisata unik dimana semua interior rumah dipasang terbalik, menciptakan ilusi optik yang menarik untuk difoto. Tempat ini populer di kalangan keluarga dan anak-anak.

Fasilitas: Terdapat area parkir, kafe kecil, dan toko souvenir.

Cara Pergi & Biaya: Terletak sekitar 30 menit dari Batu Nenek, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan kendaraan yang sama. Tiket masuk biasanya berkisar antara Rp 20,000 – Rp 30,000 per orang.

3. Teluk Atong

Teluk Atong menawarkan pemandangan pantai yang eksotis dengan air laut yang jernih. Tempat ini ideal untuk berenang, snorkeling, dan piknik keluarga.

Fasilitas: Area parkir, tempat ganti baju, warung makan, dan penyewaan peralatan snorkeling.

Cara Pergi & Biaya: Dari Rumah Terbalik, perjalanan ke Teluk Atong memakan waktu sekitar 1 jam. Biaya tambahan untuk aktivitas seperti snorkeling sekitar Rp 50,000 – Rp 100,000.

4. Camar Bulan

Camar Bulan adalah pantai indah yang terkenal dengan pasir putihnya dan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Disinilah Pantai Temajuk yang sangat digemari

Fasilitas: Tempat parkir, gazebo untuk bersantai, dan warung makan.

Cara Pergi & Biaya: Perjalanan dari Teluk Atong ke Camar Bulan memakan waktu sekitar 45 menit dengan biaya transportasi sekitar Rp 50,000 – Rp 100,000.

5. Grab Village

Grab Village adalah desa wisata yang menawarkan pengalaman budaya lokal, termasuk kerajinan tangan, tarian tradisional, dan kuliner khas Sambas. Anda bisa berinteraksi langsung dengan penduduk setempat dan belajar tentang kehidupan mereka.

Fasilitas: Tempat parkir, pusat informasi, warung makan, dan toko kerajinan.

Cara Pergi & Biaya: Dari Camar Bulan, perjalanan ke Grab Village memakan waktu sekitar 1 jam. Tiket masuk dan biaya tur biasanya sekitar Rp 50,000 per orang.

6 JLO Resort

JLO Resort adalah penginapan mewah di dekat pantai yang menawarkan berbagai fasilitas modern seperti kolam renang, restoran, spa, dan akses langsung ke pantai. Tempat ini cocok untuk bersantai setelah seharian berwisata.

Fasilitas: Kamar mewah, kolam renang, spa, restoran, dan akses pantai.

Cara Pergi & Biaya: Dari Grab Village, JLO Resort dapat dicapai dalam waktu 30 menit. Biaya menginap per malam di JLO Resort berkisar antara Rp 500,000 – Rp 1,000,000 tergantung pada tipe kamar dan fasilitas yang dipilih, untuk harga penginapan di Temajuk Sambas.

Tips Perjalanan

  • Musim Kunjungan Terbaik: Musim kemarau antara Mei hingga September adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Temajuk untuk menghindari hujan lebat dan anda dapat memilih beberapa paket Wisata Temajuk Sambas.
  • Persiapan: Bawa pakaian ganti, sunblock, dan peralatan pribadi lainnya. Pastikan juga membawa uang tunai karena fasilitas ATM mungkin tidak tersedia di semua destinasi.
  • Transportasi Lokal: Menyewa kendaraan atau menggunakan ojek lokal bisa menjadi pilihan untuk berkeliling area wisata.

Dengan mengunjungi destinasi-destinasi menarik ini, perjalanan Anda ke Temajuk, Sambas akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan plus kamu dapat mengunjungi perbatasan Temajuk Malaysia. Selamat berwisata!


FAQ Temajuk Sambas

Pulau Temajuk dimana?
Temajuk bukan lah sebuah pulau melainkan desa yang dibantuk pada tahun 2002. Berada dibagian utara Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.

Apa julukan kota Sambas?
Julukan sambas sendiri adalah Kota Sambas Terigas

Berapa jumlah kecamatan di Kabupaten Sambas?
Kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas pada tahun 2013 terbagi menjadi 19 kecamatan dan 183 desa 1 UPT

Kabupaten Sambas berdiri tahun berapa?
Pemerintah Kabupaten Sambas terbentuk berdasarkan UUD No. 27 Tahun 1959 yaitu tentang Pembentukan Daerah Tingkat II di Kalimantan Barat

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular