22 July 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeInformasiBatu Belimbing Singkawang Wisata Alam Yang Eksotis

Batu Belimbing Singkawang Wisata Alam Yang Eksotis

Sejarah Batu Belimbing Singkawang

Informasi (Kalbar Sepekan) – Batu Belimbing Singkawang adalah salah satu objek wisata alam yang unik dan menarik di Kalimantan Barat. Nama “Batu Belimbing” diambil dari bentuk batu-batu besar yang menyerupai buah belimbing, dengan permukaan yang berlekuk-lekuk dan memiliki sudut-sudut yang tajam. Meskipun terbentuk secara alami, batu-batu ini memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang menjadikannya daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tidak banyak yang mengetahui sejarah pasti mengenai pembentukan Batu Belimbing ini. Namun, diperkirakan bahwa batu-batu ini terbentuk jutaan tahun yang lalu akibat proses geologi yang kompleks. Beberapa ahli geologi berpendapat bahwa batu-batu ini terbentuk dari aktivitas vulkanik dan proses pelapukan yang terjadi selama bertahun-tahun. Terlepas dari bagaimana batu-batu ini terbentuk, Batu Belimbing kini menjadi salah satu ikon wisata alam yang terkenal di Kota Singkawang.

Sejarah Batu Belimbing Singkawang

Tidak sampai disitu, destinasi wisata ini sempat dikelola oleh beberapa orang, hingga saat ini telah dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Batu Belimbing. Semenjak dikelola oleh Pokdarwis, destinasi wisata Batu Belimbing menjadi magnet bagi pengunjung. Mulai tak jarang wisatawan dalam negeri sampai mancanegara pun berkunjung ke Batu Belimbing.

Alamat dan Jam Buka

Batu Belimbing Singkawang terletak di Kelurahan Nyarumkop, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Lokasinya yang berada di daerah perbukitan membuat tempat ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah dan menenangkan, ditambah pemandangan Bukit Bawang (Gunung Bawang/Gunung Jempol).

Bila ingin berkunjung ke salah satu destinasi wisata di Singkawang ini, perlu diketahui destinasi ini terletak di jalan raya Singkawang – Bengkayang sekitar 10 Km dari Pusat Kota Singkawang. Sedangkan waktu tempuh yang diperlukan kurang lebih 20 – 30 menit.

Tempat wisata ini buka setiap hari dari Senin sampai dengan Minggu pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Pengunjung disarankan untuk datang di pagi atau sore hari untuk menikmati suasana yang lebih sejuk dan pemandangan yang lebih memukau.

Aktivitas di Batu Belimbing Singkawang

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung saat berkunjung ke Batu Belimbing Singkawang. Berikut beberapa di antaranya:

Wisata Singkawang

1. Menikmati Pemandangan Alam

Batu Belimbing dikelilingi oleh hutan dan perbukitan yang hijau. Pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan merasakan ketenangan yang jarang ditemukan di perkotaan. Udara yang segar dan suasana yang tenang membuat tempat ini sangat cocok untuk melepas penat.

2. Fotografi

Dengan keunikan batu-batu yang ada, Batu Belimbing menjadi lokasi yang sangat menarik bagi para penggemar fotografi. Banyak spot foto yang instagramable yang bisa ditemukan di sini. Batu-batu besar dengan bentuk yang unik, serta pemandangan alam yang memukau, memberikan banyak peluang untuk mengambil foto yang spektakuler.

3. Hiking dan Trekking

Bagi yang suka aktivitas fisik, Batu Belimbing menawarkan beberapa jalur hiking dan trekking yang menantang. Jalur-jalur ini membawa pengunjung melewati hutan dan perbukitan, memberikan kesempatan untuk menikmati keindahan alam dari berbagai sudut. Yang pasti hekingnya pun tidak juga terlalu capek, karena lokasinya pun tidak begitu luas.

4. Piknik

Area sekitar Batu Belimbing juga cocok untuk piknik bersama keluarga atau teman. Pengunjung bisa membawa bekal dan menikmati makanan di tengah-tengah alam yang asri. Atau bisa juga membeli beberapa makanan juga minuman yang telah dijual oleh para anggota UMKM Pokdarwis Batu Belimbing, tenang harga makanan dan minuman relatif ramah dikantong kok.

Lokasi Batu Belimbing Singkawang

Bagi yang suka atau ingin mengengkol sepeda air, baik bersama pasangan, pacar dan keluarga tentunya dengan berbagai karakter dari bebek engkol yang disiapkan untuk disewa oleh pengunjung.

5. Belajar Geologi

Batu Belimbing juga menjadi tempat yang menarik untuk belajar tentang geologi dan formasi batuan. Pengunjung bisa melihat dan mempelajari berbagai jenis batuan serta proses pembentukannya.

Karena menurut cerita dari para pengurus Pokdarwis Batu Belimbing batu ini seiring waktu tampak membesar, tentunya dibuktikannya dengan tulisan yang ditulisakan pada batu, tulisan tersebut tampak membesar dari waktu ke waktu.

Cara Pergi ke Batu Belimbing Singkawang

Tidak sah rasanya apabila kita sudah sampai disini, namun tidak ingin berkunjung ke salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Untuk mencapai Batu Belimbing Singkawang, pengunjung dapat menggunakan beberapa moda transportasi:

Dari Kota Singkawang

  • Kendaraan Pribadi: Dari pusat Kota Singkawang, perjalanan ke Batu Belimbing memakan waktu sekitar 20-30 menit dengan kendaraan pribadi. Rute yang umum adalah melalui Jalan Pahlawan kemudian belok lurus ke arah jalan Bengkayang – Singkawang. Setelah itu, ikuti jalan utama hingga mencapai Kelurahan Nyarumkop.
  • Ojek atau Taksi: Alternatif lain adalah menggunakan ojek atau taksi yang tersedia di Kota Singkawang. Biaya ojek atau taksi biasanya bervariasi tergantung negosiasi dengan pengemudi, namun biasanya berkisar antara Rp50.000 hingga Rp100.000 sekali jalan.

Dari Pontianak

  • Bus atau Travel: Dari Pontianak, pengunjung bisa naik bus atau travel menuju Singkawang. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 4-5 jam dengan biaya tiket sekitar Rp100.000 hingga Rp150.000. Setibanya di Singkawang, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke Batu Belimbing dengan kendaraan pribadi, ojek, atau taksi.
  • Kendaraan Pribadi: Jika menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan dari Pontianak ke Singkawang memakan waktu sekitar 3-4 jam. Rute yang umum adalah melalui Jalan Raya Pontianak – Mempawah kemudian menuju Jalan Raya Singkawang. Setelah tiba di Singkawang, lanjutkan perjalanan seperti yang telah dijelaskan di atas.

Biaya yang Dikeluarkan

Mengunjungi Batu Belimbing Singkawang relatif terjangkau. Berikut perkiraan biaya yang mungkin dikeluarkan:

Transportasi:

  • Ojek atau Taksi dari Kota Singkawang: Rp50.000 – Rp100.000 sekali jalan.
  • Bus atau Travel dari Pontianak ke Singkawang: Rp100.000 – Rp150.000.

Tiket Masuk:

  • Tiket masuk ke Batu Belimbing biasanya berkisar antara Rp10.000 hingga Rp20.000 per orang.

Biaya Tambahan:

  • Biaya parkir kendaraan: Rp5.000 – Rp10.000.
  • Biaya makan dan minum jika membawa bekal atau membeli di sekitar area wisata.

Wisata Batu Belimbing

Tips Berkunjung ke Batu Belimbing Singkawang

  1. Pakai Pakaian yang Nyaman: Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk aktivitas di alam terbuka. Bawa juga topi atau payung untuk melindungi dari sinar matahari, jangan lupa membawa sunblock juga autan untuk mencegah gigitan nyamuk.
  2. Bawa Air Minum dan Makanan Ringan: Meskipun ada beberapa penjual makanan, juga minuman di sekitar area, disarankan membawa air minum dan makanan ringan sendiri.
  3. Jaga Kebersihan: Bantu menjaga kebersihan tempat wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  4. Patuhi Aturan: Patuhi semua aturan yang ada di tempat wisata demi keselamatan dan kenyamanan bersama.
  5. Persiapkan Kamera: Jangan lupa membawa kamera atau ponsel dengan baterai penuh untuk mengabadikan momen indah di Batu Belimbing.

Kesimpulan

Batu Belimbing Singkawang adalah destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan dan keunikan yang sulit ditemukan di tempat lain. Dari sejarah geologinya yang misterius hingga aktivitas seru yang bisa dilakukan, tempat ini cocok untuk segala kalangan, baik yang mencari ketenangan maupun petualangan. Dengan akses yang mudah dan biaya yang terjangkau, Batu Belimbing Singkawang menjadi pilihan tepat untuk liburan Anda berikutnya. Jangan lupa untuk pergi mengunjungi Wisata Singkawang yang sangat indah ini dan rencanakan perjalanan Anda!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular