15 June 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeKulinerTumis Terong Hijau Dengan Asinan Peda

Tumis Terong Hijau Dengan Asinan Peda

Dalam dunia kuliner, kelezatan bisa ditemukan dalam perpaduan yang sempurna antara rasa dan tekstur. Resep Ikan Asin Peda dengan Terong Hijau adalah salah satu contoh yang tepat untuk menggambarkan konsep ini. Dengan sentuhan gurih dari ikan asin peda yang disuwir dan kesegaran dari terong hijau, hidangan ini menawarkan cita rasa unik yang memukau lidah Anda.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

12 buah terong hijau bulat
2 ikan asin peda
4 lembar daun salam
4 cm lengkuas (digeprek)
Kecap manis (secukupnya)
Garam (sedikit)
Bumbu Iris:

12 siung bawang merah
8 siung bawang putih
10 cabai hijau besar
20 cabai rawit merah
2 buah tomat
Langkah-langkah Memasak:

Pertama-tama, cuci terong hijau secara menyeluruh. Kemudian, belah terong menjadi 6 bagian. Rendam sebentar dalam air untuk mempersiapkan bahan tersebut.

Selanjutnya, cuci ikan asin peda dengan baik dan lalu goreng hingga matang. Setelah matang, pisahkan daging ikan dari tulang dan suwir-suwir agar siap digunakan dalam hidangan.

Mulailah proses pembuatan bumbu dengan menumis duo bawang, yaitu bawang merah dan bawang putih. Tumis hingga setengah layu, kemudian masukkan semua jenis cabai (cabai hijau besar dan cabai rawit merah), daun salam, serta lengkuas yang telah digeprek. Tumis hingga bumbu mengeluarkan aroma harum yang menggoda selera.

Setelah bumbu terasa wangi, masukkan potongan terong hijau yang telah dipersiapkan sebelumnya. Tambahkan juga daging ikan asin peda yang telah disuwir, potongan tomat, serta kecap manis secukupnya. Jangan lupa untuk memberikan sedikit air agar bumbu meresap dengan baik. Saat ini, Anda bisa menambahkan garam secukupnya untuk memberikan rasa yang tepat. Akan lebih baik jika Anda menambahkan sedikit demi sedikit dan selalu memeriksa rasa agar tidak terlalu asin.

Dalam proses memasak, pastikan untuk mengaduk bahan dengan lembut dan merata. Biarkan hidangan tersebut matang dengan meresapnya bumbu dalam terong dan daging ikan. Pastikan juga untuk selalu memeriksa rasa dan koreksi bila diperlukan.

Setelah mendapatkan rasa yang sesuai dengan selera, matikan api dan hidangan pun siap disajikan.

Sajian dan Kesimpulan:

Hidangan Ikan Asin Peda dengan Terong Hijau siap disajikan dengan nasi hangat. Hidangan ini akan memberikan kepuasan kepada pencinta kuliner yang menyukai kombinasi rasa gurih, pedas, dan segar dalam satu piring. Terong hijau yang lembut dan ikan asin peda yang berlimpah cita rasa akan menjadi pasangan yang sempurna di atas meja makan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan hidangan spesial yang dapat diapresiasi oleh keluarga dan tamu. Rasakan pengalaman kuliner yang menggugah selera dan nikmati kelezatan dari Ikan Asin Peda dengan Terong Hijau dalam setiap suapannya. Selamat mencoba!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular