21 July 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeInformasiRiam Madi Atau Bendungan Madi Wisata Murah Meriah di Bengkayang

Riam Madi Atau Bendungan Madi Wisata Murah Meriah di Bengkayang

Informasi (Kalbar Sepekan) – Riam Madi, sebuah destinasi wisata yang memikat di Kabupaten Bengkayang, menawarkan keindahan alam yang menyegarkan dengan biaya terjangkau. Terletak tidak jauh dari pusat kota Bengkayang, Riam Madi bukanlah sebuah air terjun, melainkan bendungan irigasi yang menjadi sumber air bersih utama bagi daerah tersebut dan dibeberapa wilayah Kabupaten Bengkayang. Meskipun demikian, tempat ini tetap menarik banyak pengunjung, terutama saat akhir pekan dan hari libur.

Keunikan Riam Madi atau Bendungan Madi

Bendungan Madi sering dikunjungi untuk berbagai aktivitas rekreasi seperti berenang, BBQ, dan berfoto bersama keluarga dan teman. Dengan alamnya yang masih asri dan banyaknya pepohonan, Riam Madi memberikan suasana teduh dan udara segar yang jarang ditemukan di tempat lain. Banyak pengunjung datang hanya untuk menikmati keindahan alam, menyusuri sungai yang berbatu, dan merasakan udara segar yang menyelimuti daerah tersebut. Keadaan alam yang masih alami dan jernihnya air di Riam Madi membuat tempat ini menjadi destinasi favorit bagi masyarakat setempat.

Aktivitas Menarik di Riam Madi Atau Bendungan Madi

Berbagai kegiatan menarik dapat dilakukan di Bendungan Madi. Pengunjung bisa menyusuri sungai berbatu, mandi di air yang jernih, atau sekadar berkumpul dan menikmati makanan di alam terbuka. Bendungan Madi juga cocok untuk rekreasi keluarga, di mana anak-anak bisa bermain air dengan aman sementara orang dewasa menikmati BBQ atau sekadar bersantai di bawah rindangnya pepohonan.

Rute Perjalanan

Bagi yang ingin berkunjung, perjalanan dari pasar Bengkayang ke Riam Madi memakan waktu sekitar 45 menit dengan sepeda motor. Dari pasar, perjalanan menuju arah Sanggau Ledo atau Seluas. Sepanjang perjalanan, pengunjung bisa menikmati pemandangan hutan alami dan pegunungan. Riam Madi terletak di Desa Madi, Kecamatan Lumar. Setelah melewati SDN 3 Lumar, pengunjung akan menemukan jalan masuk menuju Riam Madi. Bagi yang menggunakan sepeda motor, bisa melewati jembatan gantung yang hanya bisa dilewati sepeda motor. Sementara itu, bagi yang menggunakan mobil, bisa mengikuti jalan yang melewati jembatan sebelum Kantor Camat Lumar dan kemudian belok kiri.

Fasilitas

Di Bendungan Madi, tersedia berbagai fasilitas yang memudahkan pengunjung. Terdapat banyak kantin yang menjual makanan dan minuman, serta gazebo-gazebo bernuansa alam dekat air. Untuk yang ingin BBQ, beberapa kantin menyediakan peralatan dan tempatnya. Selain itu, tersedia juga toilet dengan biaya sewa hanya Rp 1.000. Pengunjung yang ingin bermain air bisa menyewa balon dari warga setempat. Semua fasilitas ini dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi para pengunjung.

Biaya Masuk

Biaya masuk ke Riam Madi sangat terjangkau. Hanya dikenakan biaya parkir kendaraan, yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Dengan harga tersebut, pengunjung bisa menikmati keindahan dan kesegaran alam Riam Madi tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Ini menjadikan Riam Madi sebagai destinasi wisata yang sangat hemat biaya namun tetap menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan berkesan.

Mengapa Harus Berkunjung ke Bendungan Madi?

Bendungan Madi di Bengkayang adalah destinasi wisata yang sempurna untuk liburan murah meriah bersama keluarga dan teman. Dengan fasilitas yang memadai dan keindahan alam yang memukau, Bendungan Madi menawarkan pengalaman rekreasi yang menyenangkan dan menyegarkan. Selain itu, suasana yang asri dan udara yang sejuk menjadikan Bendungan Madi sebagai tempat yang ideal untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kehidupan kota.

Tips Berkunjung

Untuk memaksimalkan kunjungan ke Riam Madi, ada beberapa tips yang bisa diikuti:

  • Bawa Perlengkapan Sendiri: Meskipun banyak kantin yang menyediakan makanan dan minuman, membawa perlengkapan sendiri seperti alas duduk, bekal makanan, dan minuman tambahan akan sangat membantu.
  • Datang Lebih Awal: Untuk mendapatkan spot terbaik dan menikmati suasana yang lebih tenang, datang lebih awal sebelum tempat ini ramai dikunjungi.
  • Jaga Kebersihan: Selalu ingat untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Ini akan membantu menjaga keindahan dan kelestariannya.
  • Kenakan Pakaian yang Nyaman: Karena tempat ini menawarkan banyak aktivitas luar ruangan, kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk bermain air dan beraktivitas di alam terbuka.

Riam Madi adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam dan kesegaran dengan biaya yang sangat terjangkau. Dengan berbagai fasilitas yang memadai dan suasana yang asri, tempat ini menjadi pilihan ideal untuk liburan singkat bersama keluarga dan teman. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan menghormati alam saat berkunjung ke Bendungan Madi. Semoga artikel ini membantu Anda dalam merencanakan kunjungan Anda berikutnya ke Bendungan Madi di Bengkayang!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular