25 May 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeInformasiRiam Pangar (Air Terjun Pangar): Keindahan Alam yang Mengagumkan di Kalimantan Barat

Riam Pangar (Air Terjun Pangar): Keindahan Alam yang Mengagumkan di Kalimantan Barat

Kalbar Sepekan – Kalimantan Barat memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Banyak destinasi wisata yang menawarkan panorama alam yang menakjubkan, salah satunya adalah Riam Pangar atau yang juga dikenal dengan nama Air Terjun Pangar. Destinasi wisata yang terletak di Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang ini merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer di Kalimantan Barat.

Air Terjun Pangar memiliki daya tarik yang sangat khas dan berbeda dengan objek wisata lainnya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan aliran air yang cukup deras. Selain itu, di sekitar air terjun terdapat batu-batu besar dan pepohonan hijau yang membuat pemandangan semakin indah dan menawan. Jika Anda mengunjungi Air Terjun Pangar, Anda akan merasakan kesejukan dan ketenangan yang sulit ditemukan di perkotaan.

Baca Juga : Jasa Desain Grafis Bengkayang Lebih Profesional Bisa Nego

Lokasi Riam Pangar yang berada di tengah hutan membuat suasana sekitar terasa lebih sejuk dan asri. Dari tempat parkir, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1 kilometer dengan berjalan kaki untuk sampai di lokasi air terjun. Perjalanan ini akan membuat Anda melewati hutan dan sungai kecil yang sangat indah. Jangan khawatir, jalan menuju Riam Pangar cukup mudah diakses dan aman bagi pengunjung.

Sesampainya di Riam Pangar, pengunjung akan dihadapkan dengan keindahan alam yang mengagumkan. Air terjun yang mengalir deras, batu-batu besar, dan pepohonan hijau yang menyejukkan mata akan membuat pengunjung merasa terpesona. Terdapat juga kolam air jernih yang bisa digunakan untuk berenang atau bermain air. Kolam ini cukup dalam sehingga pengunjung diharapkan berhati-hati saat berenang.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain di Riam Pangar. Misalnya, trekking di sekitar air terjun atau bermain air di kolam yang ada. Jika Anda suka dengan olahraga air, Anda bisa mencoba aktivitas tubing di sekitar Riam Pangar. Tubing adalah aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan ban atau pelampung untuk berkeliling di sekitar air terjun. Aktivitas ini sangat menyenangkan dan bisa membuat pengunjung merasa lebih dekat dengan alam.

Selain keindahan alam yang menakjubkan, Riam Pangar juga menawarkan suasana yang tenang dan damai. Di sekitar air terjun, Anda bisa merasakan ketenangan yang sulit ditemukan di perkotaan. Anda bisa duduk-duduk sambil menikmati panorama alam yang indah atau sekedar beristirahat sejenak dari kepenatan aktivitas sehari-hari.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Riam Pangar, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Pertama, persiapkan diri Anda dengan baik. Karena jalan menuju Riam Pangar cukup menantang, sebaiknya Anda menggunakan sepatu yang nyaman dan mudah untuk berjalan di daerah pegunungan. Selain itu, jangan lupa membawa air minum dan makanan ringan. Kedua, sebaiknya Anda berkunjung ke Riam Pangar pada musim kemarau atau saat cuaca sedang cerah. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menikmati keindahan alam tanpa khawatir terganggu oleh cuaca yang buruk.

Air Terjun Pangar juga dapat dijadikan sebagai alternatif destinasi wisata yang menarik bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kalimantan Barat. Dari Kota Pontianak, Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau mobil pribadi untuk mencapai Air Terjun Pangar. Waktu tempuh dari Kota Pontianak ke Riam Pangar sekitar 5 jam.

Untuk masuk ke Air Terjun Pangar, pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 10.000 per orang. Biaya ini digunakan untuk membiayai pemeliharaan dan pengembangan Riam Pangar sebagai destinasi wisata. Meskipun biayanya cukup terjangkau, pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam di sekitar Riam Pangar.

Selain itu, di sekitar Air Terjun Pangar juga terdapat beberapa penginapan dan tempat makan yang bisa dijadikan tempat beristirahat bagi pengunjung yang ingin menginap di sekitar lokasi Air Terjun Pangar. Namun, karena jumlah penginapan yang terbatas, sebaiknya Anda memesan tempat penginapan terlebih dahulu sebelum berkunjung ke Air Terjun Pangar.

Kesimpulannya, Air Terjun Pangar atau Air Terjun Pangar merupakan destinasi wisata yang menarik dan indah di Kalimantan Barat. Keindahan alam yang ditawarkan di Air Terjun Pangar sangat memukau dan bisa menjadi alternatif destinasi wisata yang menarik bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kalimantan Barat. Meskipun jalan menuju Air Terjun Pangar cukup menantang, pengunjung akan merasa terbayar dengan keindahan alam yang mereka dapatkan di sana.

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular