25 June 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeInformasiRiam Mabeh Wisata Alam yang Asri di Kabupaten Bengkayang, Kalbar

Riam Mabeh Wisata Alam yang Asri di Kabupaten Bengkayang, Kalbar

Informasi (Kalbar Sepekan) – Ketika berbicara tentang keindahan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, tidak ada yang lebih menakjubkan daripada Riam Mabeh. Terletak di Desa Bengawan, Kecamatan Seluas, air terjun ini menawarkan keindahan alam yang memukau dan pengalaman yang tidak terlupakan bagi setiap pengunjung yang datang disana.

Keunikan dari salah satu Wisata Bengkayang

Riam Mabeh, riam yang berarti air terjun dalam bahasa setempat, adalah salah satu dari banyak riam yang menghiasi Kabupaten Bengkayang, yang terkenal sebagai Kabupaten Seribu Riam. Air terjun ini memiliki dua tingkatan yang mempesona: tingkat pertama setinggi sekitar 30 meter dan tingkat kedua sekitar 40 meter, dengan total ketinggian mencapai sekitar 70 meter. Keunikan ini menjadikan Riam Mabeh sebagai salah satu destinasi favorit para pecinta alam dan pendaki.

Sebelumnya, karena lokasinya yang berada di kawasan hutan konservasi Gunung Niut, pengunjung yang ingin mendatangi Riam Mabeh harus mendapatkan izin khusus dan mengikuti prosedur ketat. Namun, beberapa tahun terakhir, pihak desa telah membuka akses lebih luas dengan beberapa syarat, termasuk biaya masuk dan penggunaan pemandu lokal. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kelestarian kawasan sambil meningkatkan popularitas wisata alam di Bengkayang.

Baca di : Riam Mabeh Wisata Alam yang Asri di Kabupaten Bengkayang Kalbar

Pengalaman Pribadi di Riam Mabeh

Saya masih ingat pertama kali mengunjungi Riam Mabeh. Perjalanan dimulai dari Kota Pontianak, memakan waktu sekitar 6-7 jam menuju Desa Bengawan. Meskipun perjalanan ini cukup panjang, setiap detik di jalan terasa berharga karena pemandangan alam Kalimantan Barat yang menakjubkan. Dari Desa Bengawan, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 1-2 jam menuju air terjun. Jalannya cukup menantang, terutama saat musim hujan karena licin dan berlumut. Kami juga harus melewati jembatan bambu yang menambah sensasi petualangan.

Sesampainya di lokasi, suara deburan air yang deras menyambut kami. Pemandangan air terjun yang jatuh di antara batuan besar dan dikelilingi oleh hutan hijau yang lebat benar-benar memukau. Airnya bening dan menyegarkan, mengalir deras tanpa henti. Pepohonan yang menjulang tinggi menambah kesan alami dan sejuk di sekitar air terjun.

Kegiatan dan Aktivitas

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Riam Mabeh tanpa menikmati berbagai aktivitas seru. Salah satu yang paling menyenangkan adalah mandi di bawah air terjun. Sensasi dinginnya air yang menyegarkan benar-benar dapat menghilangkan penat setelah perjalanan panjang. Banyak pengunjung juga tidak melewatkan kesempatan untuk berfoto di berbagai spot indah yang ada di sekitar air terjun. Setiap sudut menawarkan pemandangan yang luar biasa, ideal untuk diabadikan dalam foto untuk dibagikan kepada halayak ramai untuk lebih diketahui lagi.

Jika ingin merasakan petualangan yang lebih intens, menginap di sekitar Riam Mabeh adalah pilihan yang tepat. Bermalam di tenda sambil menikmati keindahan alam dan menikmati suasana malam yang tenang memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) setempat menyediakan tenda yang bisa disewa dengan harga terjangkau, sekitar Rp 50.000 per tenda. Malam itu, kami menikmati ikan dan ayam bakar di sekitar api unggun, sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan dan mendekatkan kami dengan alam.

Cara Berkunjung ke Riam Mabeh

Untuk teman-teman yang ingin mengunjungi Riam Mabeh, berikut adalah panduan singkat. Dari Kota Pontianak, perjalanan menuju Desa Bengawan memakan waktu sekitar 6-7 jam dengan kendaraan. Dari desa, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 1-2 jam menuju air terjun. Pastikan untuk berhati-hati, terutama saat hujan, karena jalanan bisa sangat licin dan berbahaya, jadi utamakan keselamatan ya.

Riam Mabeh adalah salah satu permata tersembunyi di Kabupaten Bengkayang yang menawarkan keindahan alam dan pengalaman petualangan yang tidak terlupakan. Dari suara gemuruh air terjun hingga keindahan hutan sekitarnya, semuanya memberikan sensasi yang menyegarkan dan mempesona. Jadi, kapan kalian berencana untuk mengunjungi Riam Mabeh? Jangan lupa untuk berbagi pengalaman seru kalian dan nikmati keindahan alam Kalimantan Barat. Selamat berpetualang!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular