30 May 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeBeritaMegahnya Tugu Istighfar Singkawang Berdiri di Depan Masjid Raya Kota Singkawang

Megahnya Tugu Istighfar Singkawang Berdiri di Depan Masjid Raya Kota Singkawang

Kalbar Sepekan – Berdiri dan megah Tugu Istighfar yang dibangun di Depan Masjid Raya Kota Singkawang, yang dibangun ketika menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H atau 2023 M dan peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Sumastro Pj. Wali Kota Singkawang pada, Jumat (24/2/2023) lalu.

Tugu Istighfar ini adalah sebuah ornamen kaligrafi membentuk seorang pria pada posisi duduk sedang bersimpuh menghadap ke atas serta tangannya menadah sambil memegang sebuah tasbih. Pada tugu ini terdapat tulisan “Astaghfirullahhalazim” seperti sorang peria yang mengharap ampunan dari Allah.

Sumastro mengatakan bahwa kenapa Tugu Istighfar dibangun di depan Masjid Raya karena ornamen ini nantinya adalah titik fokus ketika datang ke Kota Singkawang dan lebih dekat dengan Masjid Raya ketika dihubungi oleh jurnalis Kalbar Sepekan, Jumat (14/4/2023).

Baca Juga : Sekretariat Daerah Kota Singkawang Bangun Zona Integritas

Selama pembangunan Tugu Istigfar yang mana mulai dari pelatakan batu pertamanya pada, jumat (24/2/2023) hingga sampai dengan sekarang ini telah berdiri dan tampak megah tugu ini berdiri semakin menambah daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Kota Singkawang.

Menurut Sumastro tugu ini menghadap kiblat dan dibangun ketika dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1444 H/tahun 2023 di Kota Singkawang dan bersamaan juga Kota Singkawang sebagai Kota Tertoleran di Indonesia.

Pada rangkaian kegiatan peletakan batu pertama tersebut beberapa tokoh seperti Ketua DPRD Kota Singkawang, Forkopimda Kota Singkawang, Perwakilan OPD Singkawang , Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kota Singkawang dan merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Singkawang melalui Panitia Hias Kota pada bulan suci ramadhan 1444 H dan sekaligus momen berdirinya Tugu Istighfar tepatnya di depan Masjid Raya Singkawang.

Sumastro berharap semua masyarakat Kota Singkawang dapat menguatkan komitmen untuk bersama membangun persaudaraan sejati dan tetap mempertahankan Kota Singkawang adalah Kota Toleran, sehingga persaudaraan antar sesama pemeluk agama, suku dan budaya selalu terjalin sehingga menjadi tauladan yang baik secara khususnya umat Islam di Kota Singkawang

“Saya berharap kita semua dapat menguatkan komitmen untuk bersamaa-sama membangun persaudaraan sejati antar sesama bangsa Indonesia, inilah yang kita tunjukan sebagai contoh tauladan yang baik sebagai Umat Islam”, sambung Sumastro.

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular