22 April 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeBeritaRTIK Kalbar Adakan Seminar Literasi Digital Ke-23 Lokasi Dalam 5 Hari

RTIK Kalbar Adakan Seminar Literasi Digital Ke-23 Lokasi Dalam 5 Hari

Kalbar Berita (Kalbar Sepekan) – Dalam rangka roadshow Literasi Digital Kalimantan Barat, RTIK Kalbar berkerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika telah sukses laksanakan Roadshow Seminar Literasi Digital di dua puluh tiga lokasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Pergururn Tinggi yang ada di Provinsi Kalimantan Barat yang terdiri dari wilayah Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya dan Kota Singkawang.

Adapun kegiatan ini memang tidak lepas dari peran para Relawan TIK Kalimantan Barat beserta komunitas local lainnya yang adalah bagian dari mitra utama penyelenggaraan Literasi Digital Sektor Pendidikan. Adapun kegiatan ini dimulai sejak tanggal 4-8 Maret 2024, Seminar Literasi Digital di Kalbar tentunya menargetkan peserta 5.750 peserta terpapar Literasi Digital.

Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan Kominfo RI, Bambang Tri Santoso berapa waktu lalu hadir secara langsung pada kegiatan Literasi Digital di Universitas Muhammadiyah Pontianak (06/03/2024), mengatakan bahwa pihaknya terus gencar melaksanakan penguatan Literasi Digital kepada Masyarakat luas, Ia juga mengungkapkan bahwa hadirnya teknologi pada hari ini bagaikan sebuah pisau bermata dua.

“Oleh karenanya penting bagi mahasiswa dan pelajar dalam menguasai Literasi Digital agar dapat meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan dari ketidakpahaman Masyarakat terhadap 4 pilar literasi digital,” ungkap Bambang.

Ia juga berharap kepada seluruh peserta yang hadir juga didominasi oleh Pelajar dan Mahasiswa dapat turut menjadi agen perubahan setelah mengikuti kegiatan Seminar Literasi Digital ini.

“Pengetahuan yang diperolah peserta seyogyanya dapat digetok tularkan. Teknologi dapat kita manfaatkan sebagai alat bantu di dunia Pendidikan dan sektor lainnya untuk peningkatan kualitas SDM,” ungkap Bambang

Ketua RTIK Kalbar, Ferianto turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi pada pelaksanaan Roadshow Literasi Digital Kalimantan Barat. Ia juga mengungkapkan dari dua puluh tiga lokasi tempat melaksanakan Roadshow Literasi Digital terdapat empat belas SMK dan Sembilan Perguruan Tinggi yang terlibat mengsukseskan kegiatan tersebut. Bahkan, bersama Perguruan Tinggi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melaksanakan Perjanjian Kerja sama untuk melakukan Implementasi Literasi Digital secara simbolis.

“Untuk perguruan tinggi tahun ini yang terlibat ada Universitas Nahdlatul Ulama Pontianak, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Universitas Bina Sarana Informatika Pontianak, Politeknik Tonggak Equator, Fisip UNTAN, Universitas Panca Bhakti Pontianak, AKBID Singkawang, ISBI Singkawang dan AKPER Poltekkes Kemenkes Singkawang,” ungkap Ferianto

Ia juga dalam kesempatan tersebut berterima kasih kepada seluruh pihak sekolah turut serta mengsukseskan kegiatan tersebut seperti SMK Kristen Immanuel Pontianak, SMK Muhammadiyah Rasau Jaya, SMK PGRI Pontianak, SMKN 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, SMKN 1 Pontianak, SMKS Santa Maria, SMKN 4 Pontianak, SMK Bina Darma, SMK Pembangunan Rasau Jaya, SMK SMTI Pontianak, SMKN 2 Singkawang, SMKN 3 Singkawang, SMKN 5 Singkawang, SMK Mudita Singkawang dan SMKN 1 Singkawang.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular