23 February 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeKulinerResep Lele Goreng Simple: Lezat, Mudah, dan Praktis

Resep Lele Goreng Simple: Lezat, Mudah, dan Praktis

Siapa yang bisa menolak hidangan lele goreng yang renyah di luar dan lembut di dalam? Lele goreng adalah salah satu hidangan yang sangat populer di banyak rumah makan dan warung makan di seluruh Indonesia. Bagi Anda yang ingin mencoba memasak lele goreng yang lezat dan sederhana di rumah, berikut adalah resepnya dalam informasi kuliner bersama Kalbar Sepekan.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

  • 2,5 kg ikan lele
  • 2,5 sendok makan ketumbar
  • 4 ruas jahe
  • 4 ruas kunyit
  • 2 ruas lengkuas
  • 16 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • Jeruk nipis

Langkah-langkah Pembuatan Lele Goreng yang Simple dan Lezat

Langkah 1: Persiapan Ikan Lele

Langkah pertama adalah mencuci bersih ikan lele. Pastikan ikan lele dalam keadaan bersih dan bebas dari kotoran. Setelah itu, balurkan ikan lele dengan perasan jeruk nipis. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau amis yang mungkin ada pada ikan lele. Selanjutnya, sayat-sayat daging ikan lele agar bumbu dapat meresap dengan sempurna ke dalam daging ikan.

Langkah 2: Persiapan Bumbu

Selanjutnya, mari kita persiapkan bumbu marinasi yang akan membuat lele goreng ini begitu lezat. Haluskan semua bumbu, termasuk ketumbar, jahe, kunyit, lengkuas, bawang putih, dan bawang merah. Anda bisa menggunakan alat penghalus seperti blender atau cobek dan uleg untuk mempermudah proses ini. Jangan lupa tambahkan garam dan penyedap rasa sesuai selera Anda. Bumbu yang halus akan membuat rasa bumbu meresap lebih baik ke dalam ikan.

Langkah 3: Marinasi Ikan Lele

Setelah semua bumbu halus, beri sedikit air ke dalam bumbu tersebut. Kemudian, tuangkan campuran bumbu ini ke dalam wadah yang berisi ikan lele. Pastikan bumbu merata dan meresap ke seluruh bagian ikan. Diamkan ikan dalam bumbu selama sekitar 30 menit agar rasa bumbu lebih terasa. Jika Anda memiliki waktu lebih lama, Anda bahkan bisa menyimpannya dalam lemari es dengan wadah yang tertutup rapat untuk memberi waktu bumbu meresap semalaman.

Langkah 4: Proses Penggorengan

Setelah ikan lele ter marinasi dengan sempurna, saatnya untuk menggorengnya. Panaskan minyak dalam jumlah cukup dalam wajan hingga cukup panas untuk menggoreng. Goreng ikan lele hingga kecokelatan di kedua sisi dan pastikan ikan matang hingga benar-benar lembut di dalam.

Langkah 5: Penyajian

Sajikan lele goreng ini dengan nasi hangat, lalapan, dan sambal favorit Anda. Ketika Anda menggigit lele goreng ini, Anda akan merasakan bagaimana lapisan luar yang renyah dan bumbu yang meresap begitu sempurna ke dalam ikan, menghasilkan cita rasa yang lezat.

Nikmati Hidangan Anda!

Itulah resep sederhana untuk membuat lele goreng yang lezat di rumah. Anda bisa menikmatinya bersama keluarga atau teman-teman sebagai hidangan utama yang lezat. Selamat mencoba!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular