25 June 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeInformasiCara Pergi Ke Pulau Temajo Mempawah

Cara Pergi Ke Pulau Temajo Mempawah

Informasi (Kalbar Sepekan) – Pulau Temajo, yang terletak di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, adalah salah satu destinasi wisata yang semakin populer di kalangan traveler. Dikenal dengan pantainya yang bersih, air laut yang jernih, serta pemandangan alam yang memukau, Pulau Temajo menjadi pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin melarikan diri sejenak dari hiruk-pikuk kehidupan kota. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara pergi ke Pulau Temajo.

1. Persiapan Awal ke Pulau Temajo

Sebelum memulai perjalanan ke Pulau Temajo, pastikan Anda telah merencanakan segala sesuatunya dengan matang. Hal ini termasuk mempersiapkan segala perlengkapan pribadi, seperti barang-barang yang diperlukan pakaian renang, perlengkapan snorkeling, sunblock, serta kamera untuk mengabadikan momen indah selama di pulau. Selain itu, jangan lupa untuk membawa uang tunai secukupnya karena di pulau ini belum tersedia fasilitas ATM.

Dan yang paling penting anda perlu konfirmasi atau menanyakan paket yang tersedia di Temajo Bay Resort, dengan demikian penginapan dan fasilitas yang akan didapatkan pada saat anda telah sampai di pulau pasti ada. Seperti makan, minum, fasilitas penginapan villa atau tenda dan fasilitas permainan yang ada disana. Atau anda dapat menghubungi Kak Multi Marketing dari Wisata Pulau Temajo anda juga dapat melihat dan menanyakan paket padanya

2. Rute

Dari Pontianak ke Mempawah

Perjalanan ke Pulau yang ada di Kabupaten Mempawah ini biasanya dimulai dari Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat. Dari Pontianak, Anda bisa menggunakan transportasi darat menuju Mempawah. Ada beberapa opsi transportasi yang bisa dipilih, yaitu:

  • Bus: Anda bisa naik bus dari Terminal Bus Pontianak menuju Mempawah. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 2-3 jam dengan biaya sekitar Rp 30.000 hingga Rp 50.000, tergantung pada jenis bus yang dipilih.
  • Travel: Alternatif lain adalah menggunakan jasa travel yang menawarkan perjalanan lebih nyaman dan fleksibel. Harga tiket travel berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

Dari Mempawah ke Dermaga Penyeberangan

Setibanya di Mempawah, perjalanan dilanjutkan menuju dermaga penyeberangan yang terletak di Desa Sungai Duri. Anda masih bisa menggunakan beberapa opsi transportasi yang anda pilih diatas tadi untuk mencapai dermaga ini. Sementara jarak dari Mempawah ke Desa Sungai Duri sekitar 30 km dan memakan waktu sekitar 45 menit.

Penyeberangan ke Pulau Temajo

Dari dermaga Sungai Duri, Anda harus menyeberang menggunakan kapal menuju Pulau Temajo. Penyeberangan ini memakan waktu sekitar 1-1,5 jam tergantung pada kondisi cuaca dan ombak. Tarif penyeberangan biasanya sekitar Rp 200.000 per orang untuk pulang-pergi, biasanya ini adalah paket Pulang Pergi (PP) minimal berangkat 10 orang harga itu sudah termasuk kapal pulang pergi, tiket masuk dan makan siang. Sebaiknya Anda berangkat di pagi hari untuk menghindari ombak besar dan anda dapat menikmati pemandangan laut yang indah selama perjalanan.

3. Akomodasi di Pulau Temajo

Pulau Temajo menawarkan beberapa pilihan akomodasi bagi para wisatawan yang datang disana. Anda bisa memilih untuk menginap di Villa dan Tenda yang dikelola oleh Temajo Bay Resort yang menyediakan fasilitas lebih lengkap. Di Temajo Bay Resort sendiri bahkan menawarkan paket wisata yang mencakup penyeberangan pulang pergi, makan selama di pulau, dan beberapa aktivitas yang tersedia.

4. Aktivitas Wisata di Pulau Temajo

Setibanya di Pulau Temajo, ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menikmati keindahan alam pulau ini, diantaranya adalah :

  • Snorkeling dan Diving: Pulau yang ada di Kabupaten Mempawah ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang memukau. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling dan diving untuk menjelajahi terumbu karang serta beragam biota laut yang ada di sekitar pulau, namun paket ini masih sangat jarang dilakukan.
  • Pantai Pasir Putih: Nikmati keindahan pantai pasir putih yang bersih dan luas. Anda bisa bersantai di tepi pantai, berenang, atau hanya menikmati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.
  • Trekking: Bagi yang suka petualangan, Anda bisa mencoba trekking menjelajahi hutan yang ada di pulau ini. Terdapat beberapa jalur trekking yang menawarkan pemandangan alam yang eksotis dan beragam flora serta fauna. Aktifitas ini tentu dipandu oleh warga lokal, karena beberapa jalur trekking ini sudah lama tidak dilalui serta tidak dirawat.
  • Memancing: Di pulau ini juga salah satu merupakan tempat yang ideal untuk memancing, aktifitas ini sangat digemari oleh para wisatawan yang datang untuk sekedar menyalurkan hobby. Anda bisa menyewa perahu kecil kepada warga lokal atau anda dapat memilih paket dan dengan perlengkapan memancing dari penduduk lokal.

5. Tips Berwisata

  • Waktu Terbaik: Waktu terbaik untuk mengunjungi salah satu wisata yang ada di Mempawah ini adalah antara April hingga September, ketika cuaca cenderung cerah dan ombak lebih tenang. Dibulan ini tentunya sangat direkomendasikan dan anda dapat memilih paket pulang pergi ataupun menginap
  • Kondisi Fisik: Tentu kondisi ini sangat diperlukan untuk dapat menikmati keindahan alam yang memukau. Pastikan Anda dalam kondisi fisik yang prima karena perjalanan menuju pulau memerlukan energi ekstra.
  • Sampah: Selalu bawa kembali sampah Anda untuk menjaga kebersihan dan kelestarian pulau atau anda dapat membuang sampah pada tempat sampah. Tentu prilaku seperti ini sangat baik dilakukan agar alam dapat selalu lestari.

Pulau Temajo adalah destinasi wisata yang sempurna untuk menghabiskan waktu liburan dengan menikmati keindahan alam yang masih alami untuk dinikmati sendiri, bersama teman, keluarga atau bersama pasangan. Dengan panduan ini, semoga perjalanan Anda ke Pulau Temajo menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular