21 April 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahPelantikan Pejabat Fungsional Guru di Kota Singkawang: Membangun Generasi Unggul Berakhlak Mulia

Pelantikan Pejabat Fungsional Guru di Kota Singkawang: Membangun Generasi Unggul Berakhlak Mulia

Kalbar Sepekan – Kota Singkawang, Kalimantan Barat, mengalami momen bersejarah pada hari Senin (24/07/2023) ketika Penjabat Sekretaris Daerah, Aulia Candra, S.STP, secara resmi melantik dan mengambil sumpah janji jabatan fungsional bagi 110 guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang. Pelantikan yang berlangsung di Basement Kantor Wali Kota Singkawang ini menjadi peristiwa penting dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di kota tersebut.

Dalam suasana yang penuh haru dan khidmat, para guru yang dilantik hadir dengan semangat dan tekad baru untuk melanjutkan perjuangan dalam mencerdaskan anak bangsa. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Singkawang serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang juga turut hadir dalam acara tersebut sebagai bentuk dukungan dan penghargaan terhadap para guru yang diangkat ke dalam jabatan fungsional.

Dalam sambutannya, Aulia Candra menyampaikan pesan yang amat berarti bagi para guru yang baru saja dilantik. Ia menekankan bahwa mendidik anak tidak sekadar tentang pengetahuan, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai akhlak atau perilaku yang baik. “Paling utama keberhasilan seseorang adalah akhlaknya atau perilaku, dan perilaku yang dimaksud paling utama adalah pertama kejujuran, ini saya titipkan di lingkungan sekolah dapat diterapkan ke anak didik yaitu kejujuran, kemudian yang kedua adalah disiplin,” tegas Aulia.

Dalam pandangan Aulia, faktor keberhasilan utama seseorang tidak hanya terletak pada tingkat kecerdasan atau prestasi akademik semata. Namun, akhlak yang baik menjadi pondasi utama bagi kemajuan individu dan masyarakat. Ia pun menaruh harapannya kepada para guru agar menjadi panutan dan contoh bagi murid-muridnya, menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif sehingga pendidikan di lingkungan keluarga dapat berjalan harmonis dan mendukung.

Dalam konteks pendidikan yang semakin kompleks, tugas para guru tidak hanya terbatas pada penyaluran materi pelajaran, tetapi juga mencetak generasi unggul yang memiliki akhlak mulia. Guru sebagai garda terdepan dalam proses pembentukan karakter anak memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas.

“Pendidikan tidak hanya menanamkan ilmu pengetahuan, tetapi juga nilai-nilai luhur yang akan membentuk kepribadian anak,” lanjut Aulia. “Dengan memiliki akhlak yang baik, generasi muda akan mampu menghadapi tantangan di masa depan dan berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.”

Tidak hanya fokus pada aspek akademik, pelantikan ini juga menjadi momen untuk meresapi semangat kepemimpinan dan profesionalisme yang harus dijunjung tinggi oleh para guru. Semangat untuk memberikan yang terbaik bagi dunia pendidikan dan pembentukan karakter peserta didik merupakan bagian penting dari peran guru sebagai agen perubahan.

Para pejabat pemerintah hadir dalam acara Pelantikan Pejabat Fungsional Guru di Kota Singkawang juga memberikan dukungan penuh bagi peran guru dalam pembangunan Kota Singkawang. Mereka berkomitmen untuk memberikan lingkungan yang kondusif dan memberikan fasilitas yang memadai bagi proses belajar mengajar.

Diharapkan dengan pelantikan ini, para guru akan semakin termotivasi dan mampu melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab serta membangun generasi penerus bangsa yang memiliki akhlak mulia. Kota Singkawang berharap dapat melahirkan anak-anak bangsa yang cerdas, berbudi pekerti luhur, serta siap berkontribusi nyata dalam mewujudkan Indonesia Emas.

Pelantikan pejabat fungsional guru di Kota Singkawang menjadi tonggak penting dalam upaya mencerdaskan bangsa. Semoga semangat dan dedikasi para guru akan terus membara, membawa perubahan positif, dan menginspirasi generasi muda untuk menjadi pemimpin masa depan yang gemilang.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular