25 July 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahFestival Inovasi OMS 2023: Organisasi Masyarakat Sipil Kota Singkawang Berkumpul dalam Ajang...

Festival Inovasi OMS 2023: Organisasi Masyarakat Sipil Kota Singkawang Berkumpul dalam Ajang Kolaboratif

Kalbar Sepekan (Singkawang) – Sejumlah Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dari Kota Singkawang, Kalimantan Barat, memeriahkan Festival Inovasi OMS (FIO) 2023 yang diselenggarakan oleh Forum Bersama Rakyat Harmoni (ForBerani). Acara perdana ini berlangsung di Kantor Wali Kota Singkawang dan menampilkan berbagai kegiatan yang menarik. Pada Sabtu, (22/7/2023).

Dalam pembukaan FIO 2023, Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro, hadir sebagai pembicara dalam talkshow dengan tema “Peran Organisasi Masyarakat Sipil dalam Pembangunan Daerah”. Festival ini menjadi sarana bagi OMS untuk memamerkan kiprah dan kontribusi mereka di berbagai sektor, mulai dari kesehatan, pendidikan, hukum, hingga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Festival perdana ini akan dilaksanakan di Kantor Wali Kota Singkawang dan dibuka Pj Wali Kota Singkawang Sumastro, sekaligus menjadi pembicara untuk mengawali talkshow dengan tema Peran Organisasi Masyarakat Sipil dalam Pembangunan Daerah,” kata Field

Mariamah Achmad, Field Coordinator USAID Madani Kota Singkawang, mengungkapkan bahwa partisipasi OMS dalam acara ini sangat beragam dan melibatkan berbagai komunitas. Selain pameran, acara ini juga menampilkan pertunjukan seni budaya yang menarik perhatian, termasuk tarian tradisional dan modern, qasidah, pencak silat, hadrah, fashion show, dongeng, ceramah dai cilik, dan yang lebih menggembirakan lagi, penampilan dari anak-anak berkebutuhan khusus.

Dalam pameran, OMS berkolaborasi dengan UMKM, perguruan tinggi, dan sekolah inklusif untuk mempromosikan organisasi-organisasi mereka kepada masyarakat luas. Profil lembaga, kegiatan yang telah dilakukan, cerita-cerita praktik baik, serta produk kelompok binaan dipamerkan untuk menunjukkan kontribusi positif mereka dalam membangun daerah.

Menurut Mariamah, Festival Inovasi OMS ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan dukungan bagi OMS sehingga mereka dapat duduk setara sebagai mitra pembangunan dengan pemerintah dan sektor swasta. Dia berharap festival ini menjadi agenda rutin setiap tahun untuk memperkuat jaringan dan kerja sama antar OMS serta masyarakat.

Dengan keterlibatan berbagai OMS dan dukungan dari pemerintah daerah, Festival Inovasi OMS 2023 di Kota Singkawang berhasil menciptakan kolaborasi yang saling menguatkan dalam mendorong pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif untuk masyarakat setempat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular