15 June 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahPKD 2023 Kota Singkawang: Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan

PKD 2023 Kota Singkawang: Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan

SINGKAWANG, Kalbar Sepekan – Kota Singkawang bersiap untuk menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Daerah tahun 2023 (PKD 2023 Kota Singkawang). Ini adalah kali kedua kota ini menggelar acara ini setelah kesuksesan edisi sebelumnya. Acara ini dijadwalkan berlangsung dari tanggal 13 hingga 16 September 2023 di Mess Daerah Kota Singkawang.

Pekan Kebudayaan Daerah adalah sebuah inisiatif dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Singkawang untuk mempromosikan dan melestarikan warisan budaya Indonesia. Tahun ini, tema yang diusung adalah “Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan”. Ini mencerminkan komitmen kuat untuk menjaga lingkungan dan kebudayaan sebagai aset berharga.

Acara ini dirancang untuk memfasilitasi berbagai pihak, termasuk sekolah, paguyuban, sanggar seni, komunitas, organisasi kemasyarakatan, kelurahan, dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Mereka semua diundang untuk berpartisipasi dalam beragam aktivitas yang telah disiapkan.

Kepala Disdikbud Singkawang, Asmadi, menjelaskan bahwa Pekan Kebudayaan Daerah bukan hanya sebuah acara biasa. Ini adalah bagian dari upaya lebih besar untuk memajukan kebudayaan Indonesia. Ini adalah wadah bagi beragam ekspresi budaya dan juga mendorong interaksi budaya untuk memperkuat kebudayaan yang inklusif.

Salah satu sorotan dari acara ini adalah pameran karya seni dan kuliner tradisional. Ini memberikan peluang bagi masyarakat untuk mengeksplorasi kekayaan seni dan kuliner Indonesia. Selain itu, akan ada pameran koleksi dari Museum Provinsi Kalimantan Barat, yang akan menjadi jendela bagi pengunjung untuk memahami sejarah dan budaya daerah ini.

Pemutaran Film Budaya dan pagelaran seni budaya juga akan menjadi bagian penting dari acara ini. Ini adalah cara yang bagus untuk mengapresiasi seni dan budaya lokal serta nasional, pada PKD 2023 Kota Singkawang tahun ini.

Asmadi juga menyebutkan adanya lomba fashion show dengan dua kategori yang berbeda. Pertama, baju adat jenjang RA/TK dan kedua, baju adat nusantara untuk perangkat daerah. Lomba ini akan menjadi sorotan utama dan dapat menjadi wahana bagi generasi muda untuk mengekspresikan kecintaan mereka pada budaya.

Kepada pelaku seni, komunitas, UMKM, dan masyarakat, Asmadi mengajak untuk berpartisipasi aktif dalam Pekan Kebudayaan Daerah. Informasi lebih lanjut tentang pendaftaran dan persyaratan dapat ditemukan di https://bit.ly/PKD-2023 atau dengan menghubungi kontak person Eka Meiyanti di HP. 085247184185. Pendaftaran juga dapat dilakukan secara langsung di ruang Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang selama jam kerja (Senin-Jumat, pukul 07.30 – 16.00 WIB).

Dengan tema yang kuat dan beragam kegiatan yang menarik, Pekan Kebudayaan Daerah Singkawang 2023 diharapkan dapat menjadi platform untuk mempromosikan, memahami, dan merayakan kekayaan budaya Indonesia serta memotivasi masyarakat untuk menjaga lingkungan dan kebudayaan demi masa depan yang lebih baik.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular