25 July 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerah21 Unit Tosa Diserahkan Untuk Mendukung Program Pengelolaan Sampah di Singkawang

21 Unit Tosa Diserahkan Untuk Mendukung Program Pengelolaan Sampah di Singkawang

(Kalbar Sepekan) Kota Singkawang, 31 Juli 2023 – Penjabat Wali Kota Singkawang, Sumastro, memberikan dukungan penuh terhadap program pengelolaan sampah mandiri dengan menghadiri acara Penyerahan Simbolis Motor Tosa kepada kelurahan di Kota Singkawang. Acara tersebut diadakan di Halaman Kantor Wali Kota Singkawang dan turut dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Singkawang, Camat, Lurah se Kota Singkawang, serta Pasukan Kuning, Kelompok Pengelola Sampah Mandiri.

Pj. Wali Kota Singkawang menyampaikan bahwa acara penyerahan 21 unit Tosa ini menandai awal dari pelaksanaan program pengelolaan sampah mandiri yang akan melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan sampah dan menciptakan tanggung jawab bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota Singkawang juga mengungkapkan harapannya agar kolaborasi antara Pemerintah, masyarakat, dan Lembaga Pengelola Sampah Mandiri dapat berjalan dengan sukses. Ia menekankan pentingnya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan menjelaskan bahwa Pasukan Kuning, yang merupakan kelompok pengelola sampah mandiri, seharusnya hanya mengurus sampah dari Tempat Penampungan Sementara (TPS) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), bukan melakukan door-to-door collection dari rumah ke rumah.

“Kami dorong kesepakatan dengan warga melalui organisasi yang dibentuk oleh warga, sehingga iuran pengelolaan sampah dapat ditentukan secara bersama-sama. Saya berharap kawan-kawan pengelola sampah mandiri dapat menunjukkan keseriusan dalam melayani masyarakat, sehingga tidak ada keluhan tentang sampah yang tidak diambil,” ujar Sumastro.

Dalam hal ini, tarif iuran pengelolaan sampah tidak ditetapkan oleh pemerintah, melainkan merupakan hasil kesepakatan antara warga dan organisasi pengelola sampah mandiri yang telah dibentuk. Pemerintah berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta mengembangkan peluang kerja melalui program pengelolaan sampah mandiri ini.

Sumastro menutup pernyataannya dengan mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjadikan pengelolaan sampah sebagai bagian dari upaya mengatasi masalah lingkungan dan sebagai solusi terbaik dalam menjaga kebersihan kota.

Program pengelolaan sampah mandiri ini merupakan langkah progresif yang menandai komitmen Pemerintah Kota Singkawang dalam menciptakan kota yang bersih, sehat, dan berkelanjutan. Dengan melibatkan masyarakat dan membangun kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik, diharapkan Kota Singkawang dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain dalam menghadapi masalah sampah dan mencapai lingkungan yang lebih baik untuk generasi masa depan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular