16 June 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahBengkayangSebastianus Darwis Resmikan Gedung Posyandu Desa Tirta Kencana

Sebastianus Darwis Resmikan Gedung Posyandu Desa Tirta Kencana

BENGKAYANG,Kalbar Sepekan, 21 Agustus 2023 – Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, bersama Ketua TP. PKK Kabupaten Bengkayang, Anita Darwis, turut serta dalam upacara peresmian Gedung Posyandu di Desa Tirta Kencana, Kecamatan Bengkayang. Dalam acara ini, hadir pula sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat, termasuk Kadis Kesehatan, Kadis Pemdes, Anggota DPRD Kabupaten Bengkayang, Camat Bengkayang, Kades Tirta Kencana, Forkopimda, serta masyarakat Desa Tirta Kencana.

Sebastianus Darwis menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas pembangunan Gedung Posyandu di Desa Tirta Kencana. Gedung ini merupakan salah satu proyek yang didanai melalui Dana Desa, yang menjunjung tinggi prinsip pembangunan partisipatif, berkelanjutan, dan berdaya guna.

Gedung Posyandu bukan hanya sekadar struktur fisik, melainkan juga menjadi landasan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di desa tersebut. Posyandu memiliki peran vital dalam pelaksanaan program kesehatan ibu hamil, kesehatan anak, keluarga berencana, imunisasi, pemantauan status gizi, serta pencegahan dan penanggulangan penyakit.

Pemerintah berkomitmen untuk mempermudah akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan, dan Posyandu menjadi salah satu jalur yang sangat penting dalam upaya ini. Menurut data hingga Juli 2023, Kabupaten Bengkayang telah memiliki 364 Posyandu, dengan 319 di antaranya termasuk dalam kategori aktif, mencapai persentase 87%.

Selain itu, Bupati Darwis juga menyoroti isu serius terkait angka stunting. Ia menggarisbawahi peran Posyandu dalam upaya menurunkan angka stunting, khususnya dalam mendukung kesehatan ibu hamil, bayi di bawah 2 tahun, anak di bawah 3 tahun, dan anak di bawah 5 tahun. Rencananya, Posyandu juga akan memperluas cakupan pelayanannya dengan menyasar remaja calon pengantin.

Bupati mengingatkan Pemerintah Desa untuk selalu mendukung keberlangsungan kegiatan Posyandu, terutama dalam hal pendanaan operasional melalui Dana Desa. Ia juga mendorong pengurus dan kader Posyandu untuk aktif dalam musyawarah desa (Musdes) guna mengajukan usulan dan aspirasi kepada Pemerintah Desa.

Dalam konteks ini, peresmian Gedung Posyandu di Desa Tirta Kencana bukan hanya merupakan pencapaian fisik semata, tetapi juga langkah penting menuju pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih baik dan terjangkau. Gedung ini akan menjadi tempat strategis dalam melaksanakan berbagai program kesehatan yang akan memberikan dampak positif pada kesejahteraan warga Desa Tirta Kencana dan sekitarnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular