10 April 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahSintangKelam Tourism Festival 2023 Terdapat Lomba Cinderamata Khas Kabupaten Sintang

Kelam Tourism Festival 2023 Terdapat Lomba Cinderamata Khas Kabupaten Sintang

Sintang (Kalbar Sepekan) – Untuk memeriahkan Kelam Tourism Festival 2023, panitia telah merencanakan berbagai kegiatan menarik yang akan diadakan di Kabupaten Sintang. Salah satu kegiatan yang paling dinantikan adalah lomba membuat cinderamata khas Kabupaten Sintang. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Hendrika, menjelaskan bahwa lomba ini akan diadakan pada tanggal 2 November 2023 di Galeri Motor Bandung.

“Kami sangat antusias untuk mengadakan lomba membuat cinderamata khas Kabupaten Sintang. Lomba ini akan menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam menciptakan cinderamata unik yang merepresentasikan kekayaan budaya dan alam Kabupaten Sintang,” ungkap Hendrika.

Menariknya, biaya pendaftaran untuk lomba ini hanya sebesar 50 ribu rupiah, dengan hadiah pembinaan yang cukup menggiurkan bagi para pemenang. Peserta yang berhasil meraih juara pertama akan mendapatkan hadiah sebesar 1,5 juta rupiah, juara kedua 1 juta rupiah, dan juara ketiga 750 ribu rupiah. Pendaftaran dapat dilakukan di kantor Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Sintang pada jam kerja biasa.

Hendrika menekankan bahwa lomba ini hanya meminta para peserta untuk membuat cinderamata dalam empat jenis kategori yang telah ditentukan, yaitu replika motor Bandung, gunung Kelam, bujan beji, dan entuyut. Peserta diharapkan dapat menampilkan inovasi dan kreativitas mereka dengan menggunakan berbagai bahan seperti kayu, plastik, logam, dan bahan lainnya.

“Dengan adanya lomba ini, kami berharap Kabupaten Sintang dapat memiliki cinderamata yang unik dan merepresentasikan kekayaan alam dan budaya daerah kami. Kami sering mengalami kesulitan dalam memberikan cinderamata kepada tamu yang datang, dan lomba ini diharapkan dapat menjadi solusi yang kreatif,” jelas Hendrika.

Selain itu, Hendrika juga menyoroti pentingnya menghargai karya seni yang dihasilkan oleh para peserta. Para pemenang lomba akan diundang untuk bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sintang dalam menyediakan cinderamata khas Kabupaten Sintang di masa depan. Kartiyus, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, juga memberikan dukungannya terhadap lomba pembuatan cinderamata ini.

“Kami sangat mendukung inisiatif ini karena dapat menjadi sarana untuk mengembangkan dan mempromosikan kekayaan budaya dan alam Kabupaten Sintang. Dengan memanfaatkan potensi kreativitas masyarakat, kami yakin cinderamata khas Kabupaten Sintang dapat menjadi daya tarik bagi para pengunjung dan turis yang datang ke daerah ini,” ucap Kartiyus.

Para peserta diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan baik dan menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam menciptakan cinderamata yang unik dan mewakili keindahan serta keunikan Kabupaten Sintang. Lomba ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk membangun kesadaran akan pentingnya pelestarian budaya dan alam di tengah masyarakat.

Ikuti Berita Kalbar Sepekan Lainnya di Google News

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular