15 June 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahSambasPerbatasan Indonesia-Malaysia di Sambas Masih Berupa Jalan Tanah

Perbatasan Indonesia-Malaysia di Sambas Masih Berupa Jalan Tanah

Sambas (Kalbar Sepekan) – Perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di wilayah Sambas, Kalimantan Barat, menjadi perhatian utama belakangan ini. Potret kondisi jalan di perbatasan tersebut, yang terlihat jelas berbeda antara wilayah Indonesia dan Malaysia, telah mencuri perhatian banyak pengguna media sosial. Video yang diunggah oleh akun TikTok @omdaengg secara gamblang menampilkan perbedaan signifikan antara kondisi jalan di kedua negara tersebut, yang menimbulkan perbincangan hangat di kalangan warganet.

Secara geografis, perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di Pulau Kalimantan secara fisik memisahkan wilayah Provinsi Kalimantan Utara, Timur, dan Barat di Indonesia, dengan negara bagian Sabah dan Sarawak di Malaysia. Dalam video tersebut, potret perbatasan terlihat dengan jelas, terutama fokus pada kondisi jalannya. Terlihat bahwa jalur menuju perbatasan masih berupa jalan tanah yang memerlukan perhatian lebih lanjut dari pihak berwenang. Jalan tersebut terlihat sempit, ditumbuhi berbagai jenis tanaman hijau, dan jelas berbeda dengan kondisi jalan di wilayah Malaysia yang terlihat lebih modern dan tertata rapi.

Respons dari warganet terhadap video tersebut pun bermacam-macam. Banyak yang mengekspresikan keprihatinan mereka terhadap ketertinggalan pembangunan infrastruktur di wilayah perbatasan Indonesia. Seorang pengguna media sosial menuliskan, “Perbedaan yang mencolok antara jalan tanah dan jalan aspal sangat mencolok. Seakan-akan perbatasan ini menjadi cerminan atas ketertinggalan pembangunan infrastruktur di wilayah tertentu.”

Pendapat lain juga muncul, menyoroti pentingnya perhatian dari pemerintah terhadap pembangunan infrastruktur di daerah perbatasan. Beberapa warganet menekankan perlunya peningkatan standar pembangunan untuk memastikan bahwa kondisi jalan di perbatasan memenuhi persyaratan yang seharusnya. “Apakah jalur yang terlihat dalam video ini merupakan jalur resmi? Jika tidak, maka memang perlu ada peningkatan yang signifikan dari pemerintah untuk memastikan bahwa infrastruktur di daerah perbatasan ini sesuai dengan standar yang diharapkan,” demikian tulis seorang warganet dengan keprihatinan yang mendalam.

Penting bagi pemerintah untuk memberikan perhatian yang serius terhadap pembangunan infrastruktur di wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di Sambas, Kalimantan Barat. Pembangunan jalan yang baik dan terawat dengan baik di perbatasan ini sangat penting untuk meningkatkan konektivitas antara kedua negara tersebut dan memfasilitasi pertukaran antar wilayah yang berdekatan. Dengan adanya upaya peningkatan ini, diharapkan wilayah perbatasan ini dapat mendukung pengembangan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

Ikuti Berita Kalbar Sepekan Lainnya di Google News

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular