25 February 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahAngin Puting Beliung Di Semudun Mempawah, Detik-Detik Kejadiannya

Angin Puting Beliung Di Semudun Mempawah, Detik-Detik Kejadiannya

(Kalbar Sepekan) Mempawah, 7 Agustus 2023 – Dalam sebuah kejadian yang mengejutkan, angin puting beliung menerjang Desa Semudun, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah pada Senin siang (7/8/2023). Sejumlah rumah dan infrastruktur mengalami kerusakan serius akibat bencana ini. Hingga saat berita ini ditulis, petugas sedang melakukan pendataan menyeluruh atas dampak yang ditimbulkan oleh bencana Angin Puting Beliung di Semudun ini.

Sumber dari lapangan mengindikasikan bahwa bencana ini dimulai dengan kehadiran awan gelap di pesisir pantai Kabupaten Mempawah. Dalam waktu singkat, awan tersebut berkumpul membentuk pusaran yang disertai dengan tiupan angin yang semakin ganas.

Dalam hitungan menit, wajah Desa Semudun, Kecamatan Sungai Kunyit, berubah drastis ketika puting beliung melanda dengan keras, menyebabkan kerusakan serius. Mayoritas rumah yang terdampak mengalami kerusakan parah pada bagian atap dan struktur bangunan lainnya. Kejadian ini juga merenggut fasilitas jaringan listrik yang penting bagi masyarakat. Sejumlah tiang listrik roboh, menyebabkan pemadaman di wilayah tersebut. Bahkan Kantor Desa Semudun sendiri juga tak luput dari dampak puting beliung ini, mengalami kerusakan yang cukup signifikan.

Bencana ANgin Puting Beliung di Semudun Mempawah

Kerusakan yang dialami oleh Desa Semudun akibat puting beliung masih belum dapat diukur secara pasti. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mempawah masih terus melakukan pendataan dan penilaian terhadap kerusakan yang terjadi akibat dari bencana angin puting beliung di Semudun.

Informasi mengenai bencana angin puting beliung di Semudun ini telah menyebar luas, bahkan Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji, telah turun langsung ke Desa Semudun untuk melihat secara langsung dampak kerusakan yang diakibatkan oleh bencana tersebut. Langkah tanggap darurat serta dukungan pemerintah daerah dalam membantu masyarakat yang terdampak pun sudah berjalan.

Kejadian tragis ini menjadi pengingat penting akan keberadaan bencana alam yang selalu dapat menghampiri. Solidaritas masyarakat dan respon cepat pemerintah serta lembaga terkait dalam membantu pemulihan dan rehabilitasi wilayah terdampak sangatlah penting dalam menghadapi situasi darurat semacam ini. Teruslah pantau perkembangan berita ini untuk mendapatkan informasi terkini mengenai bencana puting beliung di Desa Semudun, serta upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi dan memulihkan dampak yang ditimbulkan.

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular