25 July 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahBengkayang3 Tahun Bupati Bengkayang Apa Saja Yang Dicapai?

3 Tahun Bupati Bengkayang Apa Saja Yang Dicapai?

Bengkayang (Kalbar Sepekan) – Dalam rangka 3 tahun Bupati Bengkayang lantas apa saja yang telah dicapai selama tiga tahun dimasa kepemimpinannya. Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis mengungkapkan beberapa capaian yang diraih selama kepemimpinannya bersama Wakil Bupati, Samsul Rizal.

Dalam kesempatan tersebut ia menjelaskan beberapa capaian tersebut diantaranya adalah dimulainya infrastruktur jalan yang mantap 58% yang telah dibangun. Ia mengungkapkan bahwa masyarakat cukup puas dengan pembangunan hal tersebut, namun baginya masih akan terus ditingkatkan olehnya.

“Dari 17 Kecamatan, 122 desa yang tentu harus dibangun semuanya, tidak cukup hanya dengan dana APBD, kita juga ada dana desa yang bisa kita sinkronkan untuk membangun desa tersebut, ” ungkap Sebastianus Darwis.

Ia juga mengungkapkan akan terus membangun SDM Unggul yang bukan hanya untuk masyarakat saja, melainkan untuk para ASN yang berkenaan dengan birokrasi, sehingga memiliki kapasitas dan menjadi ASN yang tangguh.

Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis mengungkapkan akan terus meningkatkan pada sektor pendidikan yang berfokus untuk meningkatkan IPM. Ia mengungkapkan bahwa sampai saat ini IPM Kabupaten Bengkayang 69%, IPM ini telah mengalami kenaikan, Ia berharap pada tahun 2025 harus pada 70%.

Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis mengatakan fokusnya saat ini adalah mengejar kesetaraan pendidikan dengan membentuk paket A,B dan C agar usia lama sekolah dapat teratasi dan harapan lama sekolah harus teratasi.

Ia mengatakan bahwa beberapa program yang telah dipimpinnya ini adalah sebuah keberhasilan super tim dan bukan kerja sendiri bersama stakeholder, Forkopimda, dengan menaikan IPM juga dalamnya menaikan kualitas hidup masyarakat. Itu adalah upaya untuk mendongkrak IPM di Kabupaten Bengkayang.

Disektor pertanian Pemerintah Kabupaten Bengkayang terus berupaya menguatkan sektor OPD terkait yang didalamnya adalah Penyuluh, untuk berupaya merubah pola pikir masyarakat pertanian untuk terjun ke pertanian. Dengan luas lahan pertanian yang dimiliki oleh Bengkayang hampir 19 ribu hektar.

“Kita ingin membangun lahan pertanian ke depan di atas 30 ribu hektar sehingga menghasilkan gabah kering yang besar. Ini yang akan kita bangun, ditambah infrastruktur pertanian, sarana prasarana, alsintan, serta distribusi pupuk yang baik, ” harap Darwis.

Pada tahun 2023 ini untuk yang pertama kalinya Kabupaten Bengkayang maraih WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atas hasil pemeriksaan keuangan tahun 2022, prestasi ini telah diukir oleh Pemerintah Kabupaten Bengkayang.

Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis mengungkapkan raihan WTP ini adalah sebuah kerja sama tim dari Pemerintah Kabupaten Bengkayang, salah satunya adalah tentang penyelesaian aset, kemudian pada laporan keuangan termasuk beberapa temuan-temuan dari BPK.

Ia juga mengungkapkan akan terus melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat diwilayah Pemerintah Kabupaten Bengkayang dan menciptakan inovasi seperti aplikasi E-PBB Lamus, SIMPLE MANTAP, SRIKANDI dan beberapa aplikasi lainnya pada tiap-tiap dinas di wilayah Pemerintah Kabupaten Bengkayang.

“Untuk aplikasi semua berjalan lancar, seperti di Rumah Sakit kita punya SIMRS untuk mengecek ada atau tidak dokter, atau ada atau tidak kamar pasien, bisa langsung dicek, ” ungkap Darwis.

Sementara pelayanan kesehatan di RS Bengkayang saat ini CT Scan 128 Slice, Kemudian Mammografi untuk pengecekan rahang, NICU PICU untuk anak-anak dan beberapa fasilitas kesehatan penunjang lainnya.

“Kita juga sudah bangun Rumah Sakit Pratama di Jagoi Babang, mudah – mudahan tahun ini bisa diisi Nakes, supaya bisa melayani masyarakat perbatasan. Kita juga merancang untuk RS di pesisir daerah Kecamatan Sungai Raya. Kemudian di setiap 17 kecamatan kita punya puskesmas, empat yang sudah rawat inap,” kata Darwis.

Ia juga mengungkapkan bahwa yang sangat dinantikan oleh masyarakat Kabupaten Bengkayang adalah PLBN Jagoi Babang pada saat ini hanya menunggu waktu peresmiannya oleh Presiden RI. Dengan dibangunnya PLBN besar harappnya adalah dapat memberikan dampak positif bagi daerah di wilayah Pemerintah Kabupaten Bengkayang.

“PLBN Jagoi Babang bisa menjadi pintu ekspor, karena sekarang kita bisa menghasilkan 5 – 6 Miliar per bulan, ini laporan Bea Cukai, dari sayur – mayur atau holtikultura,” ungkap Darwis

Dari semua itu, Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis berupaya bersama stakeholder terkait akan terus mengatasi stunting, Ia meyakini pada tahun ini akan melampaui target nasional yaitu sebesar 14%.

“Kita kerjanya keroyokan, bersama dengan Polres, TNI, dimana kita memberi gizi yang baik, itu yang kita kejar, ” tambah Sebastianus Darwis pada 3 tahun Bupati Bengkayang.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular