22 April 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahSungai Pinyuh Kalbar Membara Lagi, Diduga 40 Pintu Ruko Terbakar

Sungai Pinyuh Kalbar Membara Lagi, Diduga 40 Pintu Ruko Terbakar

(Kalbar Sepekan) Mempawah, 3 Agustus 2023 – Kebakaran besar terjadi di Pasar Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, pada Kamis dinihari (3/8/2023). Lebih dari 40 pintu ruko yang merupakan kawasan sentra perdagangan utama di Sungai Pinyuh, dilaporkan nyaris luluh lantak akibat terbakar.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 03.50 WIB saat kepulan asap mulai terlihat. Api dengan cepat membesar dan melalap bangunan, yang sebagian besar terbuat dari material kayu. Pemilik ruko dan warga yang sedang beraktivitas di pasar pun panik, berusaha menyelamatkan barang-barang berharga dengan bantuan dari personel TNI/POLRI dan kelompok masyarakat.

Tim Damkar dari BPASP Sungai Pinyuh segera bergegas melakukan upaya pemadaman. Namun, api yang begitu cepat membesar membuat tim damkar kewalahan. Beberapa ruko akhirnya ambruk dilahap si jago merah.

Sungai Pinyuh Kebakaran

Tim damkar gabungan dari Mempawah, Sungai Purun, Jongkat, dan lokasi lainnya tiba di tempat kejadian. Sekitar pukul 07.00 WIB, api berhasil dipadamkan. Meskipun api sudah terkendali, tim damkar terus melakukan penyemprotan dan upaya pendinginan untuk memastikan kebakaran tidak berkobar kembali.

Selama proses pemadaman, ada satu peristiwa menegangkan saat salah satu bangunan ruko ambruk. Beruntung, tim damkar telah memprediksi potensi bahaya tersebut dan menjauh dari lokasi, sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Saat ini, belum ada informasi yang jelas mengenai nilai kerugian materiil dan adanya korban jiwa dalam insiden ini. Tim gabungan dari TNI/POLRI, BPBD, serta Dinas Sosial SPPPAPMPD Mempawah bersama Tim Kelurahan dan Kecamatan Sungai Pinyuh sedang melakukan pendataan untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut.

Kejadian ini menjadi sorotan utama warga Kalimantan Barat karena melibatkan sejumlah ruko di kawasan perdagangan utama. Semua pihak berharap agar kebakaran ini tidak menyebabkan kerugian yang lebih besar dan diharapkan ada upaya pencegahan agar insiden serupa tidak terulang di masa mendatang.

Berita ini akan terus kami update seiring dengan perkembangan selanjutnya. Kami juga akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai penyebab kebakaran dan upaya pemulihan bagi para pemilik ruko yang terdampak. Tetap pantau Suara Kalbar untuk mendapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar peristiwa ini.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular