25 February 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahSumastro Turut Memadamkan Api Yang Membakar Lahan di Kelurahan Roban

Sumastro Turut Memadamkan Api Yang Membakar Lahan di Kelurahan Roban

Singkawang (Kalbar Sepekan) – Sabtu, 29 Juli 2023, Drs. H. Sumastro, M.Si, Penjabat Wali Kota Singkawang, menyelenggarakan peninjauan yang penuh tantangan di komplek Kowina Asri 1, Kelurahan Roban. Kehadiran Sumastro tak sendirian, ia didampingi oleh Kasdim, Danramil, Kepala BPPD Kota Singkawang, Camat Singkawang Tengah, dan Kapolsek Singkawang Tengah. Misi penting mereka adalah meninjau lokasi kebakaran lahan yang sedang melanda wilayah tersebut.

Saat tiba di lokasi, pandangan Pj. Wali Kota Singkawang dipenuhi dengan api yang masih berkobar dan asap tebal yang menyelimuti sekitarnya. Meskipun tantangan besar menghadang, Sumastro bersama relawan masyarakat, dan berkolaborasi dengan unsur TNI, Polri, Anggota BPKS, BPPD Kota Singkawang, dan Manggala Agni, tanpa kenal lelah berusaha memadamkan api yang belum reda.

Baca Juga : Mengkhawatirkan! Kasus ISPA Di Singkawang Meningkat Tajam, Dinas Kesehatan Lakukan Tindakan Cepat!

Sumastro mengambil kesempatan ini untuk memberikan pesan penting kepada seluruh masyarakat dan pemilik lahan. Ia menekankan tentang pentingnya menjaga dan bertanggung jawab terhadap lahan masing-masing. Salah satu hal yang harus dihindari adalah membuka lahan dengan cara membakar, terutama pada musim panas seperti sekarang. Praktik pembakaran lahan ini berpotensi besar menyebabkan kebakaran yang meluas, termasuk hutan, dan berdampak sangat merugikan masyarakat.

Selain membawa kerugian ekonomi, kebakaran lahan juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi warga sekitar. Asap tebal yang menebal akibat pembakaran lahan dapat menyebabkan masalah pernafasan dan kesehatan lainnya. Lokasi kebakaran di Kelurahan Roban yang dekat dengan pemukiman warga menambah tingkat risiko terjadinya kebakaran rumah, yang tentunya menjadi ancaman serius bagi keselamatan dan harta benda masyarakat.

Dalam upaya pencegahan kebakaran lahan, Pj. Wali Kota Singkawang mengajak seluruh warga untuk bersama-sama melindungi lingkungan dan menyadari tanggung jawab mereka sebagai pemilik lahan. Alihkan cara membuka lahan dengan metode yang lebih ramah lingkungan dan aman, seperti dengan melakukan penanaman tanaman tanpa membakar lahan. Dukung program reboisasi dan penghijauan, agar kebakaran hutan dapat diminimalisir dan lingkungan dapat tetap lestari.

Tidak hanya itu, Sumastro juga meminta seluruh elemen masyarakat untuk mengedukasi dan menyadarkan rekan-rekan mereka tentang bahaya pembakaran lahan. Pengetahuan dan kesadaran akan menjadi senjata ampuh untuk melawan kebakaran lahan, dan bersama-sama menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

Peninjauan di Kelurahan Roban ini adalah bentuk nyata dari keprihatinan dan komitmen Pj. Wali Kota Singkawang dalam melindungi kota dari ancaman kebakaran lahan. Semoga tindakan yang diambil dapat menginspirasi dan memotivasi seluruh masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan menjaga kelestariannya demi keberlangsungan hidup generasi mendatang.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular