25 July 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahMengkhawatirkan! Kasus ISPA di Singkawang Meningkat Tajam, Dinas Kesehatan Lakukan Tindakan Cepat!

Mengkhawatirkan! Kasus ISPA di Singkawang Meningkat Tajam, Dinas Kesehatan Lakukan Tindakan Cepat!

Singkawang (Kalbar Sepekan) – Jum’at, 28 Juli 2023, Mursalin, Kabid P2P (Program Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit) Dinas Kesehatan Kota Singkawang, mengungkapkan bahwa kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di kota tersebut telah meningkat drastis, mencapai 2764 kasus pada pertengahan tahun 2023.

“Kita memang mengalami peningkatan signifikan kasus ISPA di Singkawang pada tahun 2023,” ungkap Mursalin dengan keprihatinan.

Mursalin membeberkan data kasus ISPA bulan per bulan, di mana pada Januari tercatat 1788 kasus, Februari 2019 kasus, Maret 2073 kasus, dan April 2221 kasus. Meski sempat mengalami penurunan pada bulan Mei menjadi 2079 kasus, namun angka itu kembali melonjak pada bulan Juni mencapai 2764 kasus.

Baca Juga : Pj. Wali Kota Singkawang Mendukung Program Keluarga Berintegritas: Wujud Nyata Melawan Korupsi!

Kenaikan tajam ini disebabkan oleh cuaca kering dan berdebu selama musim kemarau. Dalam kondisi seperti ini, masyarakat perlu mengambil tindakan pencegahan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, termasuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Dinas Kesehatan Kota Singkawang memberikan beberapa saran penting untuk mencegah ISPA, yaitu rajin minum air putih, konsumsi makanan bergizi, lakukan olahraga secara teratur, dan pastikan mendapatkan istirahat yang cukup. Jika mengalami gejala ISPA, disarankan untuk segera datang ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Dalam menghadapi situasi ini, Dinas Kesehatan melalui puskesmas berkomitmen untuk terus menangani kasus ISPA yang dialami oleh masyarakat. Mereka juga berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai langkah-langkah pencegahan penyakit ini.

Mari bersama-sama mencegah penyebaran ISPA dengan mengedukasi diri dan orang-orang terdekat kita. Kesehatan adalah harta yang tak ternilai, dan tindakan kita dapat membantu melindungi kesehatan diri dan orang lain di sekitar kita. Jangan abaikan ancaman ISPA, mari bersatu melawan dan menjaga kesehatan bersama!

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular