10 April 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahSI-APEL (Sistem Informasi Kepegawaian Elektronik) Transformasi Kepegawaian Menuju Era Digital

SI-APEL (Sistem Informasi Kepegawaian Elektronik) Transformasi Kepegawaian Menuju Era Digital

Singkawang,KS – Jumat (29/09/2023), Kota Singkawang melihat momen penting dengan kehadiran Penjabat Wali Kota, Drs. H. Sumastro, M.Si, dalam acara peluncuran aplikasi SI-APEL (Sistem Informasi Kepegawaian Elektronik). Acara ini diadakan di Aula Kartini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang.

Tidak hanya Sumastro yang hadir, tetapi juga inisiator SI-APEL dalam Implementasi Aksi Perubahan Diklat Kepemimpinan Tingkat II, Kepala Disdikbud Kota Singkawang, H. Asmadi, S.Pd., M.Si, bersama dengan stafnya. Turut serta dalam acara ini adalah kepala sekolah dan guru dari seluruh Kota Singkawang.

Dalam sambutannya, PJ. Wali Kota Singkawang mengungkapkan kegembiraannya bisa menjadi bagian dari peluncuran SI-APEL, yang merupakan hasil kerja sama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang dan tim efektifnya. Sumastro menjelaskan bahwa tujuan dari aplikasi ini adalah untuk menyederhanakan administrasi kepegawaian di lingkungan sekolah.

“Program aplikasi ini, jika digunakan dengan baik oleh para guru dan kepala sekolah, dapat mempermudah urusan administrasi mereka,” jelas Sumastro.

Ia melanjutkan dengan menyatakan harapannya bahwa sistem aplikasi ini akan memberikan manfaat nyata dengan mempercepat layanan administratif. Tidak akan ada lagi keterlambatan dalam pemrosesan berkas yang bisa menghambat kenaikan pangkat, sebagai contoh. Sumastro menekankan bahwa dalam era digital seperti sekarang, peran dari pendekatan digital sangat penting, terutama di lingkungan Dinas Pendidikan yang melibatkan banyak guru dan tenaga pendidik.

“Kami berharap bahwa dengan aplikasi SI-APEL ini, proses administratif akan menjadi lebih efisien, dan tidak akan ada lagi istilah berkas terlambat. Dinas Pendidikan dengan guru-gurunya adalah salah satu komponen yang paling vital dalam upaya transformasi kepegawaian ke era digital,” harap Sumastro.

Aplikasi SI-APEL ini menandai langkah penting dalam modernisasi administrasi kepegawaian di Kota Singkawang. Transformasi ini adalah upaya untuk mempercepat dan menyederhanakan layanan administratif, yang pada gilirannya akan meningkatkan efisiensi dalam sektor pendidikan. Selain itu, ini juga akan memberikan manfaat bagi guru-guru dan tenaga pendidik di Kota Singkawang, yang pada akhirnya akan memajukan kualitas pendidikan di kota ini. Harapan Sumastro adalah bahwa aplikasi ini akan merangsang pertumbuhan pendidikan yang lebih baik dan memajukan kepegawaian menuju era digital.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular