30 May 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahMohammad Bari Resmi Jadi Pj Sekretaris Daerah Kalbar

Mohammad Bari Resmi Jadi Pj Sekretaris Daerah Kalbar

Pontianak (Kalbar Sepekan) – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kalimantan Barat, Mohammad Bari, telah secara resmi ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalbar. Keputusan ini diumumkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, melalui Surat Keputusan Gubernur Kalbar nomor: 800.1.3.1/36/BKD pada tanggal 5 Oktober 2023. Mohammad Bari akan dilantik oleh Harisson di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar pada Senin, 9 Oktober 2023.

Keputusan ini mengikuti dinamika perubahan kepemimpinan di Provinsi Kalimantan Barat. Harisson, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, telah diangkat menjadi Pj Gubernur Kalbar sejak 5 September 2023. Oleh karena itu, jabatan Pj Sekda Kalbar juga diubah, dan Mohammad Bari dipilih untuk mengisi posisi tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa jabatan Pj Sekda Kalbar akan berakhir seiring dengan berakhirnya jabatan Pj Gubernur Kalbar. Ketika Harisson kembali menjabat sebagai Sekda Provinsi Kalbar, Mohammad Bari akan kembali menjabat sebagai Kepala Bapenda Provinsi Kalbar.

Penunjukan Mohammad Bari sebagai Pj Sekda Kalbar tidak terlepas dari proses yang telah diatur dalam peraturan. Pasal 5 ayat 1 dari Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekda menyebutkan bahwa gubernur sebagai wakil pemerintah pusat mengangkat penjabat sekda provinsi setelah mendapat persetujuan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintah dalam negeri.

Persetujuan ini diberikan melalui Surat Mendagri nomor: 100.2.2.6/5292/Sj tanggal 3 Oktober 2023. Ini menunjukkan bahwa perubahan kepemimpinan dan penunjukan Pj Sekda Kalbar telah mengikuti prosedur hukum yang berlaku.

Perubahan dalam kepemimpinan pemerintahan adalah hal yang lumrah dalam dunia administrasi publik. Ini adalah bagian dari proses demokrasi di mana pejabat publik, termasuk Sekretaris Daerah, dapat mengalami rotasi atau perubahan posisi. Penunjukan Mohammad Bari sebagai Pj Sekda Kalbar adalah langkah penting dalam memastikan kelancaran operasional pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat selama periode peralihan ini.

Dengan pemahaman yang baik tentang perubahan dalam kepemimpinan dan prosedur yang diikuti dalam proses ini, masyarakat dapat lebih baik memahami dinamika pemerintahan daerah dan peran yang dimainkan oleh pejabat seperti Pj Sekda Kalbar dalam menjaga stabilitas dan kontinuitas pemerintahan.

Ikuti Berita dan Info Lainnya di Google News

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular