25 May 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeInformasiMengungkap Makna di Balik Lirik Lagu Dayak Ganteng

Mengungkap Makna di Balik Lirik Lagu Dayak Ganteng

Ahe kabar ayungk’ a
Udah ke ahe nyocok
Ame sampe boh lupa nyocok
Injeh nang diri nyocok
Nyocok ame sampe mabuk
Biar ganteng nyu lea aku

Reff :

Dayak ganteng, Dayak ganteng, Dayak ganteng
Kami urang Dayak sidi ganteng-genteng
Dayak ganteng, Dayak ganteng, Dayak ganteng
Ahe agik kalo udah nyocok sidi tambah ganteng
Injehlah nyocok biar ganteng, Ame sampe mabuk ku tangkereng (2x)

Ahe kabar ayungk’ a
Udah ke ahe makant
Ame sampe boh lupa makant
Injeh nang diri makant
makant ame di rajatn
Biar ganteng nyu lea nian

Dayak ganteng, Dayak ganteng, Dayak ganteng
Kami urang Dayak sidi ganteng-genteng
Dayak ganteng, Dayak ganteng, Dayak ganteng
Ahe agik udah makant sidi tambah ganteng
Dayak ganteng, Dayak ganteng, Dayak ganteng
Kami urang Dayak sidi ganteng-genteng

Dayak ganteng, Dayak ganteng, Dayak ganteng
Ahe agik udah nyocok sidi tambah ganteng
Injehlah nyocok biar ganteng, Ame sampe mabuk ku tangkereng (2x)
Manyaki makant biar makin ganteng, ame manyak omong ku kangkereng
Sega makant jalu tambah ganteng, ame manyak giak nae kolesterol

Makna Pada Tiap Lirik dari Lagu Dayak Ganteng dan Dayak ganteng ciptaan siapa?

Pasti kamu sudah mendengar lirik lagu “Dayak Ganteng” yang catchy dan sedang populer. Namun, tahukah kamu apa makna sebenarnya dari lirik-lirik yang terdapat dalam lagu ini? Sebelum kita masuk lebih dalam, mari kita kenali terlebih dahulu penyanyi dan pencipta lagu ini, serta apa yang menginspirasinya untuk menciptakan lagu yang begitu fenomenal ini.

Penyanyi dan pencipta lagu “Dayak Ganteng” adalah Tino Ame, seorang pemuda Dayak yang berasal dari Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia. Dengan demikian, lagu ini seringkali dikenal sebagai “Dayak Ganteng” mengingat karya terbesarnya adalah lagu ini. Tino Ame, yang berusia 25 tahun, adalah seorang musisi yang memiliki minat dalam bermusik, dan hingga saat ini, ia terus berkarya dengan menciptakan lagu-lagu dalam berbagai bahasa, mulai dari bahasa daerah hingga bahasa Indonesia. Dia menghasilkan lagu-lagu beragam seperti lagu dalam bahasa Dayak, lagu pop, dan lagu rohani.

Sekarang, mari kita gali lebih dalam tentang makna lirik-lirik dari lagu “Dayak Ganteng” ini ataupun terjemahan lagu dayak ganteng.

“Ahe kabar ayungk’ a (apa kabar teman-teman) sudah kah kalian minum, jangan yah kalian lupa minum, minum jangan sampai mabuk, biar gantengmu seperti ganteng ku.”

Dalam bait ini, Tino Ame memberi salam kepada teman-temannya dan bertanya apakah mereka sudah minum. Pesan di sini adalah agar kita selalu menjaga kesehatan dan tidak lupa untuk minum air. Ia menekankan agar kita tidak sampai mabuk karena hal itu dapat merusak penampilan kita, seperti yang ia nyanyikan dalam lagu “biar gantengmu seperti ganteng ku.”

“Dayak ganteng (sama artinya dengan bahasa Indonesia) kemudian Kami orang Dayak betul ganteng-ganteng, apa lagi kalau sudah minum, ayo kita minum biar ganteng, kalau minum jangan sampai mabuk.”

Pada bait ini, Tino Ame membanggakan kegantengan masyarakat Dayak. Ia menyatakan bahwa orang-orang Dayak memang ganteng-ganteng, dan jika mereka sudah minum, mereka akan semakin ganteng. Namun, pesan utama adalah agar tetap bijak saat minum, sehingga tidak sampai mabuk.

“Banyakin makan biar makin ganteng, apalagi kalau makan babi makin tambah ganteng, tapi jangan terlalu banyak nanti kolesterol.”

Pesan di bagian akhir lagu ini adalah untuk menjaga pola makan kita. Tino Ame mengatakan bahwa dengan makan lebih banyak, kita akan semakin ganteng. Ia bahkan mengatakan bahwa makan babi dapat membuat kita semakin tampan. Namun, ia juga memberi peringatan untuk tidak makan terlalu banyak, karena hal itu dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Jadi, meskipun lirik lagu “Dayak Ganteng” terdengar sederhana dan riang, ada pesan-pesan yang bermakna di balik kata-kata tersebut. Lagu ini mengingatkan kita untuk menjaga kesehatan, tetap bijak saat mengkonsumsi minuman beralkohol, dan menjaga pola makan kita agar tetap sehat. Selain itu, lagu ini juga merayakan kegantengan masyarakat Dayak dengan penuh kebanggaan pada informasi kali ini.

Sering dicari dengan artikel terkait :

lirik lagu dayak janjola | dayak ganteng lirik chord | lirik lagu dayak ambeka | lirik lagu dayak binua garantung | download lagu dayak ganteng | lirik lagu dayak bujang pemabuk | lirik lagu dayak dibare

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular