22 July 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahBengkayangJaga Warisan Budaya Perayaan Gawia Nibakng Atau Nyobeng 2024

Jaga Warisan Budaya Perayaan Gawia Nibakng Atau Nyobeng 2024

Bengkayang (Kalbar Sepekan) – Perayaan tahunan Gawia Nibakng, atau yang lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai “Nyobeng”, kembali digelar di Desa Hli Buei, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang. Acara ini tetap menjadi magnet bagi masyarakat lokal, nasional, hingga mancanegara, dibuktikan dengan ramainya pengunjung yang hadir pada Nyobeng 2024.

Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (15/06/2024), Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkayang, Yustianus hadir mewakili Bupati Bengkayang dalam acara seremonial yang bertempat di Halaman Rumah Adat Baluk.

Dalam sambutannya, Yustianus menyambut baik dan memberikan ucapan selamat datang kepada seluruh tamu undangan dan pengunjung yang datang, serta mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara atas kerja keras mereka dalam menyiapkan acara ini sehingga berjalan lancar, aman, dan sukses.

Yustianus juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus mendukung dan mempromosikan kekayaan budaya Dayak Bidayuh. “Perayaan hari ini adalah momen penting untuk mengembangkan dan melestarikan kearifan lokal, menjaga identitas budaya, dan menghormati warisan leluhur serta adat istiadat. Saya mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan mempromosikan kekayaan budaya Dayak Bidayuh Sebujit yang kita nikmati hari ini,” ujar Yustianus.

Dalam kesempatan tersebut, Yustianus memberikan apresiasi kepada masyarakat adat atas usaha mereka dalam menjaga warisan budaya. “Saya sangat mengapresiasi upaya masyarakat adat dalam menjaga dan memelihara warisan budaya mereka. Seperti Struktur Rumah Adat Baluk Sebujit Dayak Bidayuh yang diakui secara nasional sebagai warisan budaya tak benda oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI,” jelasnya.

Gawia Nibakng, atau “Nyobeng”, merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan kepada leluhur serta ritual adat sebagai rasa syukur atas panen berlimpah dan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat dan berkah yang diberikan kepada masyarakat.

Selama berlangsungnya acara, masyarakat Desa Hli Buei merayakan dengan menjamu para sanak saudara dan pengunjung yang hadir dengan makanan dan minuman khas warga Adat Dayak Bidayuh Sebujit. Masyarakat yang terkenal ramah ini juga mempersilakan turis luar yang ingin bermalam di rumah mereka.

Adapun Acara seremonial Nyobeng 2024 ini turut dihadiri oleh Amrullah M. Ridha Asdep Infrastruktur BNPP sekaligus Pj. Bupati Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, Forkopimda Kabupaten Bengkayang, Anggota DPRD Prov. Kalbar, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, MADN, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII Kalbar, Sekretaris DAD Kabupaten Bengkayang, Kepala OPD se-Kabupaten Bengkayang, Camat Siding selaku tuan rumah, Para Camat se-Kabupaten Bengkayang, Forkopimcam Siding, serta Pemuka Adat dan Tokoh Masyarakat se-Kabupaten Bengkayang.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular