25 July 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahSingkawangSumastro Dorong Program Edukatif dan Keterlibatan Masyarakat dalam Pengelolaan Lingkungan di Singkawang

Sumastro Dorong Program Edukatif dan Keterlibatan Masyarakat dalam Pengelolaan Lingkungan di Singkawang

Singkawang (Kalbar Sepekan) – Penjabat Wali Kota Singkawang, Sumastro, kembali melakukan kunjungan lapangan bersama Lurah Melayu dan Lurah Pasiran di sekitar jalan utama Kelurahan Melayu dan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat, pada pagi hari, tepatnya pada tanggal 1 November 2023. Berupaya mendorong program edukatif dan keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan di Singkawang.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari inspeksi sebelumnya di seputaran Gang Parit Ketapang, di mana Sumastro dan tim menemukan area tanah yang tidak terawat dan tidak memiliki penghuni. Dalam kesempatan kali ini, Sumastro menyoroti pentingnya pendekatan edukatif dan partisipatif dalam menangani permasalahan lingkungan.

“Kami harus lebih mendekatkan program edukatif kepada masyarakat agar lebih terlibat secara aktif, tidak hanya mengandalkan pemerintah semata. Adanya rasa memiliki terhadap lingkungan adalah kunci utama dalam pengelolaan yang efektif,” ungkap Sumastro.

Sumastro juga menegaskan pentingnya memanfaatkan lahan tidur untuk pengembangan pertanian pekarangan lestari. Dengan adanya pertanian pekarangan, masyarakat dapat menanam sayur-sayuran sendiri, sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada belanja di pasar. Hal ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap keberlanjutan lingkungan di sekitar mereka.

Selain itu, Sumastro juga berencana untuk menjadwalkan kegiatan inspeksi lingkungan secara rutin guna memantau kondisi lingkungan sekitar dan memberikan perhatian yang lebih kepada isu-isu lingkungan yang muncul. Dengan demikian, diharapkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dapat terus ditingkatkan, serta tercipta keterpaduan dan sinergi yang berkelanjutan dalam upaya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Pernyataan Sumastro tersebut menunjukkan komitmen dan perhatian yang serius dari pemerintah daerah terhadap upaya pelestarian lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Diharapkan, kegiatan ini dapat mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan demi menciptakan kota yang lebih bersih dan nyaman untuk semua warganya untuk berfokus Pengelolaan Lingkungan di Singkawang.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular