3 October 2023
spot_img
HomeInformasiInfo Lengkap Tentang Upacara Ngabayotn di Desa Wisata Bagak Sahwa

Info Lengkap Tentang Upacara Ngabayotn di Desa Wisata Bagak Sahwa

Kalbar Sepekan – [Info Sepekan] Ngabayotn adalah sebuah ritual yang dilaksanakan oleh masyarakat Bagak Sahwa (wilayah Binua Garantukng Sakawokng) yang mana wilayahnya meliputi Kelurahan Bagak Sahwa, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu dilaksanakan pada 1 Juni di setiap tahunnya.

Bila dilihat lebih jauh tentang Ngabayotn ini merupakan sebuah rangkaian kegiatan pemberiaan persembahan kepada Jubata (tuhan/dewa) dan Awo Pamo (arwah leluhur) dari berbagai hasil pertanian masyarakat yang ada di wilayah Binuo Garantukng Sakawokng, seperti kue Tumpi, kue Lemang, persembahan Babi, Ayam dan Anjig dengan tujuan kegiatan ini adalah sebuah tanda untuk menutup masa panen padi dan sudah waktunya untuk kembali untuk berladang kembali.

Upacara adat Ngabayotn memiliki perbedaaan dari khas terdapat pada berlangsungnya upacara adat ini, diantaranya adalah pada posisi manok (ayam) dan babi yang diguanakan untuk sesajian dan pakaian yang dikenakan oleh penari wanita dalam ritualĀ  Narokng memiliki warna dan bentuk yang berbeda apabila dibandingkan dengan pakaian adat dari suku Dayak lainnya.

Baca : Gawe Dayak Naik Dango Singkawang Tahun 2023 Pesan Sumastro Event Ini Perlu Dikemas Lagi

Bagian Ritual Pada Ngabayotn

Ritual dari Ngabayotn itu sendiri memiliki tiga bagian ritual diantaranya adalah

  • Nyanggohotn
  • Matekng
  • Tari Narokng

Kemudian dari berbagai bagian ritual ini memiliki fungsi tersendiri dan Sesaji dalam ritual adat ini juga memiliki makna dan simbol memiliki konsep yang berbeda pula. Seperti sesaji ayam dan babi ditempatkan terlentang makna juga simbol yang berlaku di masyarakat diwilayah Binua Salako. Kemudian pada busana yang digunakan oleh para penari Narokng juga memiliki makna dan simbol tersendiri. Makna dalam baju tersebut adalah menunjukan kesuburan, spiritual, kebahagiaan, karakteristik wanita dan pria pada suku Dayak Salako.Pada busana tarian Narokng ini juga dapat menunjukan identitas, status sosial dan aturan-aturan yang pada saat penggunaannya.

Bila kita lihat secara rinci ritual dari ucapara adat yang dilakukan oleh masyarakat di wilayah Binua Salako ini memiliki keunikan upacara adat ngabayotn mulai dari sesajian, pakaian dan terdapat tarian pada saat melakukan Narokng. Bila kita lebih jauh mengenal adat istiadat ini ngabayotn berasal dari masyarakat adat diwilayah Binua Salako saja. Sedangkan bila dilihat dari apa persamaan antara ngabayotn dengan nyareakng? bila dilihat sepintas saja mungkin kedua acara ini memiliki kesamaan namun perbedaannya pada sesajian, pakaian yang digunakan oleh penari pada saat Narokng terdapat perbedaan dan khas dimiliki oleh penari pada saat melakukan ritual Narokng Padi. Jadi apa bila kamu sering bertanya tentang tradisi apa saja yang ada di Kalimantan Barat? ya kegiatan ritual yang dilakukan oleh masyarakat Bagak Sahwa ini tentunya tradisi yang ada di Kalimantan Barat dan pantas untuk kamu kunjungi.

Apa nama tradisi di Kalimantan Timur? | Apa upacara adat Kalimantan Barat? | Naik Dango itu apa? | adat istiadat kalimantan tengah | nama tradisi kalimantan timur | wadian/bulian | rumah dan kampung adat kalimantan barat | gawai makai taun
RELATED ARTICLES

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular