25 July 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeBeritaGawe Dayak Naik Dango Singkawang Tahun 2023 Pesan Sumastro Event Ini Perlu...

Gawe Dayak Naik Dango Singkawang Tahun 2023 Pesan Sumastro Event Ini Perlu Dikemas Lagi

Kalbar Sepekan – Gawe Dayak Naik Dango Kota Singkawang tahun 2023 telah dibuka oleh Sumastro Pj. Wali Kota Singkawag yang diselenggarakan di Rumah Adat Dayak Kota Singkawang, Jalan Baru, Kelurahan Sanggau Kulor, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, Sabtu (27/5/23) malam.

Adapun dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Anggota DPR RI, Ketua DPRD Kota Singkwang, Forkopimda Kota Singkawang, Kepala Perangkat Daerah Kota Singkawang, Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Barat, Dewan Adat Dayak Kota Singkawang, Beberapa Tokoh Perempuan Dayak, Majelis Seni Budaya Singkawang dan kepengurusan acara ritual Adat Naik Dango Kota Singkawang Tahun 2023.

Kegiatan pembukaan Gawe Dayak Naik Dango Singkawang ini dimulai dengan pemotongan tebu oleh Sumastro Pj. Wali Kota Singkawang yang didampingi oleh panitia dan Ketua Dewan Adat Dayak Kota Singkawang yang kemudian disambut dengan tarian sekaligus Sumastro membawa benih padi pada lumbung dan kemudian pada acara inti Gawe Dayak Naik Dango Singkawang tahun 2023.

Baca Juga : Pj Sekda Singkawang, Aulia Di Tunjuk Gubernur Kalbar

Adapun beberapa rangkaian kegiatan pembukaan pekan Gawe Dayak Singkawang ini terdapat sambutan oleh ketua panitia, ketua DAD Kota Singkawang, Anggota DPR RI dan Sambutan oleh Pj.Wali Kota Singkawang yang sekaligus membuka kegiatan tersebut dengan memukul gong sebanyak tujuh kali dan meminum tuak yang telah disiapkan oleh panitia Gawe Dayak Kota Singkawang.

Adapun dalam sambutannya Sumastro Pj. Wali Kota Singkawang turut mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama masyarakat Kota Singkawang, ucapan terima kasih tersebut merupakan sebuah apresiasi kepada masyarakat Kota Singkawang dalam meraih kembali sebagai Kota Tertoleran di Indonesia selama tiga tahun berturut.

Ia juga mengungkapkan rasa bahagianya karena masyarakat Kota Singkawang dengan toleransi yang sangat kuat sihingga mampu selalu mensukseskan event berbasis keagamaan tetapi tetap hidup dengan damai dan harmoni

Ia berharap event Gawe ini terus dikembang atau dikemas secara menarik agar bernilai jual “Event ini perlu dikemas dengan menarik dan bernilai jual untuk dikembangkan,” ungkap Sumastro.

Harapan Sumastro kedepannya melalui kebersamaan dan program kerja pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Singkawang mampu berkolaborasi dengan event dari etnis lain, agar nilai-nilai dari Gawe Dayak ini lebih mencerminkan kebinekaan “mudah-mudahan kedepan dengan semangat kebersamaan dan program kerja pengurus DAD Singkawang mampu berkolaborasi dengan etnis lain, nilai gawai dayak ini akan lebih mencerminkan kebinekaan” harap Sumastro

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular