16 June 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeBerita107 Orang Jamaah Haji Singkawang di Berangkatkan oleh Sumastro

107 Orang Jamaah Haji Singkawang di Berangkatkan oleh Sumastro

Penjabat Wali Kota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si, hadir dengan penuh semangat di Kantor Wali Kota Singkawang pada hari Rabu, 14 Juni 2023. Kehadiran beliau tidak lain adalah untuk menghadiri dan melepas Calon Jamaah Haji asal kota Singkawang yang akan segera berangkat menunaikan ibadah haji. Kegiatan ini merupakan momen yang sangat penting bagi jamaah haji dan juga bagi Kota Singkawang secara keseluruhan.

Dalam acara tersebut, turut hadir sejumlah tokoh dan pejabat penting, termasuk Ketua DPRD Kota Singkawang, Forkopimda Kota Singkawang, Pj. Sekda Kota Singkawang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang. Kebersamaan mereka adalah bentuk dukungan dan doa untuk kesuksesan para jamaah haji dalam menjalankan ibadah suci mereka.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si, menyampaikan harapan dan pesan yang penuh makna kepada seluruh Jamaah Haji Kota Singkawang. Beliau berharap agar para jamaah mendapatkan tuntunan kesehatan dan kekuatan dari Allah dalam menjalankan ibadah haji. Ia juga menekankan pentingnya memanfaatkan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya untuk menjaga kondisi kesehatan yang prima dalam menjalani seluruh proses ibadah haji.

Baca : Info Lengkap Tentang Upacara Ngabayotn Di Desa Wisata Bagak Sahwa

Jamaah haji asal Kota Singkawang pada tahun ini berjumlah total 107 orang. Terdapat 41 orang dengan usia 65 tahun ke atas, sementara 75 orang lainnya berusia 65 tahun ke bawah. Jamaah haji ini memiliki rentang usia yang cukup beragam, dengan usia tertua mencapai 80 tahun dan yang termuda berusia 31 tahun. Kehadiran mereka menjadi bukti semangat dan keinginan untuk melaksanakan ibadah haji meski dengan usia yang berbeda-beda.

Ibadah haji adalah salah satu momen puncak dalam hidup seorang Muslim. Setiap tahunnya, jutaan orang dari seluruh penjuru dunia berkumpul di Tanah Suci untuk beribadah dan mencari keberkahan. Bagi jamaah haji, perjalanan ini bukanlah sekadar perjalanan fisik, melainkan juga perjalanan spiritual yang akan meninggalkan kesan mendalam sepanjang hidup.

Bagi Kota Singkawang, keberangkatan jamaah haji merupakan suatu kebanggaan. Hal ini menunjukkan komitmen dan ketulusan masyarakat dalam menjalankan ajaran agama serta memperkuat ikatan emosional antara jamaah haji dengan kota kelahiran mereka. Selain itu, kehadiran jamaah haji juga memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal, terutama dalam sektor pariwisata dan perdagangan.

Pemerintah Kota Singkawang telah memberikan dukungan penuh terhadap keberangkatan jamaah haji. Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Singkawang juga menegaskan komitmen Pemerintah Kota Singkawang dalam memberikan perhatian dan fasilitas yang memadai bagi jamaah haji. Hal ini dilakukan guna memastikan keberangkatan mereka berjalan lancar dan aman.

Keberangkatan jamaah haji dari Kota Singkawang bukan hanya menjadi momen ibadah individu, tetapi juga mewakili semangat kebersamaan dan persatuan umat Muslim di kota tersebut. Semua jamaah haji berasal dari berbagai latar belakang dan profesi, namun mereka bersatu dalam niat yang sama, yaitu menjalankan ibadah haji dengan penuh kesungguhan dan ketaqwaan.

Selain itu, kehadiran jamaah haji juga memberikan dampak positif dalam pengembangan ekonomi lokal. Banyak pedagang lokal yang merasakan peningkatan pendapatan selama musim haji berkat kehadiran jamaah haji dan para pendamping mereka. Selama proses persiapan keberangkatan, banyak jamaah haji yang membutuhkan perlengkapan dan kebutuhan khusus, seperti pakaian ihram, perlengkapan ibadah, serta makanan dan minuman. Hal ini memberikan peluang bagi para pedagang lokal untuk meningkatkan penjualan mereka.

Pemkot. Skw. juga tidak melupakan pentingnya peran keluarga dalam mendukung perjalanan ibadah haji jamaah. Dalam kesempatan tersebut, Sumastro mengingatkan keluarga jamaah haji untuk selalu mendoakan keselamatan dan kelancaran perjalanan ibadah haji mereka. Dukungan emosional dari keluarga sangatlah penting dalam memotivasi dan memberikan kekuatan kepada jamaah haji selama mereka menjalankan ibadah suci di Tanah Suci.

Sebagai penutup acara, Pj. Wali Kota Singkawang berpesan kepada jamaah haji agar tetap menjaga kesehatan dan mematuhi semua aturan yang telah ditetapkan oleh petugas haji. Beliau juga mengingatkan agar jamaah haji senantiasa menjaga silaturahmi dan kerukunan dengan jamaah haji dari daerah lain, serta mewakili Kota Singkawang dengan sikap yang baik dan sopan.

Dalam momen yang penuh haru tersebut, suasana kebersamaan dan semangat religius sangat terasa. Jamaah haji, keluarga, serta pejabat yang hadir saling memberikan doa dan semangat satu sama lain. Mereka percaya bahwa perjalanan ini akan menjadi pengalaman hidup yang tak terlupakan dan akan membawa keberkahan bagi seluruh umat Muslim Kota Singkawang.

Dengan keberangkatan jamaah haji, Kota Singkawang telah menorehkan prestasi dan kontribusi dalam dunia ibadah haji. Semoga para jamaah haji asal Kota Singkawang

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular