22 April 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeBeritaUMKM Singkawang Mewakili Provinsi Kalbar Pada Perayaan Hari Usaha Mikro di Surakarta

UMKM Singkawang Mewakili Provinsi Kalbar Pada Perayaan Hari Usaha Mikro di Surakarta

SURAKARTA, Kalbar Sepekan, 12 Agustus 2023 – Ria Norsan, Wakil Gubernur Kalimantan Barat, turut menghadiri acara malam puncak perayaan Hari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Nasional yang bertema “Transformasi UMKM Masa Depan”. Acara tersebut dihelat di Lapangan Pamedan Mangkunegaran, Surakarta, yang menjadi tuan rumah pelaksanaan pada Sabtu malam (12/8/2023). UMKM Singkawang menjadi perwakilan dari Provinsi Kalimantan Barat pada kegiatan tersebut.

Sebelum memasuki momen perayaan malam puncak UMKM Nasional, Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan, didampingi oleh Junaidi Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Kalimantan Barat, menjajaki Stand Pameran Produk UMKM asal Kota Singkawang yang mewakili provinsi Kalbar. Pameran ini menampilkan berbagai Produk UMKM yang beragam, termasuk Keripik (Keladi, Pisang, Singkong, dan lainnya), Kerajinan dari Sabut Kelapa, Bajakah, Madu Kelulut, Batu Permata, Batik Tidayu, serta Keripik Olahan Ikan.

Baca Juga : Peringati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-71 Polres Singkawang Laksanakan Nikah Masal

“Saya berharap kepada pelaku UMKM untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas produk, sekaligus berkolaborasi dengan sektor koperasi,” pinta Wagub Ria Norsan dalam kunjungannya.

Beliau menambahkan, “Ini adalah pesan yang ditekankan oleh Bapak Presiden, bahwa UMKM perlu berkembang untuk menggerakkan perekonomian, mengingat prediksi bahwa Indonesia akan menjadi salah satu dari empat besar ekonomi dunia pada tahun 2045. Oleh karena itu, kita perlu mendorong UMKM dengan tekad kuat, karena peranan UMKM menjadi salah satu tiang utama dalam mendukung perekonomian nasional.”

Dalam acara perayaan ini, UMKM menjadi fokus utama dengan tema “Transformasi UMKM Masa Depan”. Di tengah perubahan dinamis dalam era digital dan global, UMKM memegang peran strategis dalam menghadapi tantangan masa depan. Keberadaan UMKM tidak hanya sebagai pemain ekonomi, tetapi juga sebagai katalisator pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

Wakil Gubernur Ria Norsan juga mengajak para pelaku UMKM untuk terus berinovasi, mengembangkan potensi lokal, dan meningkatkan daya saing produk. Dengan kerja keras dan sinergi antara UMKM dan koperasi, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Kalimantan Barat dan seluruh Indonesia.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular