21 February 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahSingkawangTim Pengendali Inflasi Daerah Kota Singkawang Adakan Rapat Jelang Nataru Cegah Inflasi

Tim Pengendali Inflasi Daerah Kota Singkawang Adakan Rapat Jelang Nataru Cegah Inflasi

Singkawang (Kalbar Sepekan) – Dalam rangka akan dilaksanakannya perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 Penjabat (Pj) Wali Kota Singkawang, Sumastro melaksanakan Rapat Koordinasi bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah Kota Singkawang (TPID Kota Singkawang) bertempat di Ruang Rapat Wali Kota Singkawang, Kamis (21/12/2023).

Adapun kegiatan ini untuk memastikan ketersediaan pasokan dari bahan pokok, stabilitas harga dan kelancaran distribusi menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kota Singkawang juga tergabung dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah Kota Singkawang, Kota Singkawang menjadi satu-satunya Kota yang ada di Provinsi Kalimantan Barat yang mengalami deflasi pada bulan November 2023 lalu, deflasi tersebut sebesar 0,01%, penyumbang utama dari deflasi tersebut adalah Ketimun, Ikan Tongkol dan Kacang Panjang.

Sementara penyumbang inflasi yang terjadi pada bulan November 2023 yaitu beras, daging ayam ras dan telur ayam ras. Secara tahunan, inflasi yang terjadi pada bulan November 2023 ini lebih rendah dibandingkan dengan inflasi yang terjadi bulan November 2022 lalu.

“Upaya pengendalian inflasi bukan berarti justru menimbulkan deflasi yang tinggi. Deflasi menunjukkan situasi perekonomian yang tidak sehat”, kata Sumastro.

Sementara Bulog mengatakan bahwa persediaan gula di gudang sampai saat ini masih tersedia sekitar 10 ton. Harapannya gula ini mampu memenuhi kebutuhan gula hingga akhir tahun.

Sementara itu menurut laporan dari Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM, tidak ada ditemukan kenaikan harga yang signifikan menjelang Natal dan Tahun Baru 2024 ini, sampai saat ini stok dari persediaan bahan pokok aman dan lonjakan harga tidak terjadi. Mereka berharap angka inflasi tetap dapat dikendalikan.

Bersama dengan kegiatan tersebut Sumastro berharap kedepannya akan terus diadakannya Rapat Koordinasi (Rakor) TPID Regional yang rencananya akan dilaksanakan secara rutin 2 (dua) bulan sekali, sebagai bentuk dari kesadaran bersama. Ia berharap tidak ada lagi lonjakan harga yang signifikan menjelang Nataru. Ia mengungkapkan bahwa ini akan menjadi awal yang baik untuk menyambut tahun baru 2024.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Penjabat Sekretaris Daerah, perwakilan Forkopimda, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Plt. Kepala Badan Pusat Statistik Singkawang, Perum Bulog Singkawang, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan beserta jajaran, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, perwakilan Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM, perwakilan Dinas Perhubungan, perwakilan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perwakilan Satpol PP serta Kepala Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) Sekretariat Daerah.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular