14 June 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeInformasiTanaman Hias Penghilang Polusi Udara: Buat Rumah Anda Lebih Sehat dan Cantik

Tanaman Hias Penghilang Polusi Udara: Buat Rumah Anda Lebih Sehat dan Cantik

Tanaman hias adalah keindahan yang mempercantik rumah Anda, baik itu di halaman atau di dalam ruangan. Namun, tahukah Anda bahwa tanaman hias juga dapat memiliki peran penting dalam membersihkan udara di sekitar Anda? Di sini, kami akan membahas beberapa jenis tanaman yang dikenal sebagai Tanaman Hias Penghilang Polusi Udara atau air purifying plants dalam Informasi Kalbar Sepekan kali ini. Selain mempercantik ruangan Anda, tanaman-tanaman ini juga membantu menjaga udara di dalam rumah tetap bersih dan sehat.

1. Lidah Mertua

Lidah mertua, atau sansevieria, adalah salah satu tanaman penghilang polusi udara yang paling terkenal. Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan subtropis di Afrika, Asia, dan Eropa. Menurut laman Start Sleeping, tanaman lidah mertua mampu menghilangkan berbagai polutan berbahaya seperti formaldehida, benzena, xilena, toluena, dan trikloretilen dari udara. Selain itu, tanaman ini juga mengubah karbon dioksida menjadi oksigen, menjadikannya ideal untuk meletakkannya di kamar tidur Anda. Satu hal yang membuat lidah mertua begitu menarik adalah perawatannya yang sederhana. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang rumit, hanya butuh sedikit sinar matahari tidak langsung dan air yang cukup. Jangan terlalu sering menyiramnya karena terlalu banyak air bisa merusak akar-akarnya.

2. Lili Paris (Spider Plant)

Lili paris, atau sering disebut spider plant, adalah tanaman lain yang hebat dalam membersihkan udara. Tanaman ini mampu menghilangkan formaldehida, yang sering ditemukan dalam banyak produk dan barang rumah tangga, dari udara. Keunggulan lain dari lili paris adalah perawatannya yang mudah. Anda hanya perlu memberikannya sedikit air, dan sebaiknya tunggu hingga tanahnya kering sebelum menyiram lagi agar akar-akarnya tetap sehat. Lili paris dapat tumbuh baik dalam cahaya terang, tetapi juga dapat bertahan dalam kondisi cahaya yang redup.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya bukan hanya tanaman hias yang populer, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain kemampuannya untuk menyembuhkan luka bakar ringan, sengatan matahari, dan gigitan serangga, lidah buaya juga merupakan tanaman penghilang polusi udara yang efektif. Tanaman ini memerlukan banyak cahaya untuk tumbuh dengan baik. Anda dapat menanamnya dalam pot terakota dengan tanah yang memiliki drainase yang baik.

4. Peace Lily (Lili Damai)

Peace lily, atau lili damai, adalah tanaman yang mendapat peringkat tinggi dalam daftar tanaman penghilang polusi udara menurut NASA. Tanaman ini berasal dari hutan hujan tropis Amerika dan sangat mudah untuk dirawat. Menurut penelitian dari Jepang, peace lily efektif dalam menghilangkan toluena dan xilena dari udara, serta menyerap spora jamur. Tanaman ini lebih menyukai naungan parsial dan dapat bertahan hidup di ruangan tanpa jendela. Pastikan untuk menjauhkannya dari angin dingin selama musim dingin.

5. Bamboo Palm (Palem Bambu)

Palem bambu adalah salah satu tanaman penghilang polusi udara yang sangat baik. Anda dapat menggunakan tanaman ini untuk mengurangi polusi udara dan mencegah bau yang tidak sedap di dalam ruangan, menggantikan pengharum ruangan yang mengandung bahan kimia. Menurut laman Planet Natural, palem bambu adalah salah satu tanaman yang direkomendasikan oleh NASA untuk membersihkan udara di rumah Anda.

6. Sirih Gading

Sirih gading adalah tanaman hias yang indah dengan daun berpola marmer berbentuk hati. Selain sebagai tanaman penghilang polusi udara yang baik, sirih gading juga diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur. Menurut penelitian NASA tahun 1989, tanaman ini mampu menghilangkan racun seperti karbon monoksida dan formaldehida dari udara.

7. Daun Ivy (English Ivy)

Daun ivy, atau sering disebut English ivy, adalah tanaman penghilang polusi udara yang baik dan juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Selain membersihkan udara, daun ivy juga terbukti dapat meredakan gejala asma dan alergi. Sebuah studi tahun 2005 yang dilakukan oleh The American College of Allergy, Asthma & Immunology melaporkan bahwa tanaman ini mampu menghilangkan 94 persen kotoran di udara dan lebih dari 70 persen spora jamur di udara.

Dengan memilih salah satu atau beberapa Tanaman Hias Penghilang Polusi Udara ini untuk ditempatkan di rumah Anda, Anda dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan juga indah secara visual. Jadi, selain mempercantik rumah Anda dengan tanaman hias, pertimbangkan juga manfaat kesehatan yang mereka tawarkan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular