20 February 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahSumastro Sambut Kehadiran Konferdal Germasa GPIB 2023 dengan Hangat di Kota Singkawang

Sumastro Sambut Kehadiran Konferdal Germasa GPIB 2023 dengan Hangat di Kota Singkawang

SINGKAWANG,Kalbar Sepekan, 20 Agustus 2023 – Penjabat Wali Kota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si, menghadiri acara Welcome Dinner Konferensi Sinodal (Konferdal) Gereja, Masyarakat, Agama-Agama, dan Lingkungan Hidup (GERMASA-LH) Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB). Acara berlangsung di Basement Kantor Wali Kota Singkawang pada Sabtu (19/08/2023) dan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting dan peserta dari 26 provinsi di seluruh Indonesia.

GPIB, sebagai salah satu gereja terkemuka di Indonesia, mengadakan Konferdal Germasa sebagai wadah untuk membahas isu-isu penting dalam hubungan antaragama, masyarakat, dan lingkungan hidup. Konferensi ini juga menjadi forum pertemuan tahunan bagi para pemimpin dan anggota jemaat dari seluruh penjuru nusantara.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro, menyampaikan kegembiraannya atas kehadiran para delegasi Kristiani dari 26 provinsi yang berpartisipasi dalam Konferdal GPIB tahun ini. Ia berharap agar peserta dapat menikmati keindahan Kota Singkawang yang telah dikenal sebagai Kota Wisata dan Kota Tertoleran di seluruh Indonesia.

“Semoga atmosfer kebersamaan ini dapat terus kita jaga, dan Konferdal seperti ini menjadi inspirasi bagi semua pihak dalam memperkuat nilai-nilai toleransi di Kota Singkawang, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” ujar Sumastro dengan penuh semangat.

Tidak hanya dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Singkawang, acara ini juga dihormati dengan kehadiran Ketua Umum Majelis Sinode GPIB beserta jajaran fungsionaris. Kepala Kepolisian Resor Singkawang (Kapolres Singkawang), Kepala Kantor Kementerian Agama Singkawang, dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Singkawang turut menjadi bagian dari acara ini.

Konferdal Germasa GPIB 2023 merupakan upaya konkret GPIB untuk terlibat dalam dialog antaragama, memperkuat kerjasama antarumat beragama, serta mendukung pelestarian lingkungan hidup. Diskusi dan pertemuan yang berlangsung selama konferensi akan membahas berbagai isu yang relevan, termasuk cara meningkatkan toleransi dan kerukunan antarumat beragama serta bagaimana gereja dapat berperan aktif dalam pelestarian lingkungan.

Acara Welcome Dinner ini hanya menjadi awal dari serangkaian acara Konferdal Germasa GPIB 2023 yang berlangsung selama beberapa hari. Para peserta akan mengikuti berbagai sesi diskusi, lokakarya, dan kegiatan lainnya yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman mereka tentang tantangan dan peluang dalam menjalin hubungan antaragama yang harmonis serta menjaga alam Indonesia yang indah.

Kota Singkawang, yang terletak di Kalimantan Barat, adalah tempat yang ideal untuk acara semacam ini. Selain memiliki pesona alam yang menakjubkan, kota ini juga dikenal dengan semangat toleransinya yang kuat, di mana berbagai agama dan budaya hidup berdampingan dengan damai.

Kita berharap bahwa Konferdal Germasa GPIB 2023 akan menjadi langkah positif dalam mempromosikan keragaman, dialog antaragama, dan kesadaran akan lingkungan hidup di seluruh Indonesia. Dengan menghadirkan pemimpin agama, pemerintah setempat, dan para aktivis lingkungan, Konferdal ini memiliki potensi untuk menciptakan dampak positif yang luar biasa dalam membangun masyarakat yang lebih toleran dan berkelanjutan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular