24 April 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahSingkawangSingkawang Ethnic Carnival Untuk Terus Memupuk Keberagaman

Singkawang Ethnic Carnival Untuk Terus Memupuk Keberagaman

Singkawang (Kalbar Sepekan) – Penjabat Wali Kota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si., tampak antusias dalam menghadiri acara Singkawang Ethnic Carnival yang digelar di Jalan Pangeran Diponegoro Singkawang pada Sabtu (21/10/2023). Kehadiran tokoh-tokoh penting seperti Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat, mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang, Bupati Bengkayang, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkayang, Wakil Ketua II beserta Anggota DPRD Kota Singkawang, Ketua TP PKK Kota Singkawang, dan Pj. Sekretaris Daerah Kota Singkawang, mewarnai acara tersebut.

Dalam pidatonya, Pj. Wali Kota Sumastro menekankan pentingnya menjaga koridor toleransi dan menghormati hak asasi manusia. “Kegiatan ini merupakan komitmen bersama untuk terus memupuk keberagaman yang ada di tengah masyarakat. Semoga kita senantiasa berada dalam koridor yang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi,” ungkapnya penuh semangat.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, yang juga bertindak sebagai pembuka acara, menegaskan bahwa Singkawang dipilih sebagai tuan rumah acara tersebut karena dikenal sebagai kota yang mampu mewujudkan toleransi yang tinggi di Indonesia. “Melalui acara ini, kita berupaya mempercepat kemajuan budaya di Kalimantan Barat. Singkawang dipandang sebagai salah satu tempat di mana keberagaman masyarakat menjadi kekuatan yang mempersatukan,” katanya.

Acara Singkawang Ethnic Carnival sendiri merupakan wadah bagi generasi muda untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Melalui ajang ini, diharapkan generasi muda dapat mengangkat kekayaan budaya dan warisan leluhur yang dimiliki oleh kota ini. Para peserta, yang mayoritas terdiri dari anak muda berbakat, diharapkan dapat menampilkan karya-karya yang menggambarkan kekayaan dan keunikan budaya lokal.

Dalam suasana yang penuh semangat dan kebersamaan, kegiatan ini diharapkan mampu menjadi wadah yang mempererat tali persaudaraan antarwarga, tanpa memandang perbedaan latar belakang suku, agama, dan budaya. Dengan adanya kegiatan semacam ini, diharapkan masyarakat dapat semakin menghargai keberagaman yang ada di sekitar mereka, serta mampu hidup berdampingan dengan saling menghormati dan menghargai perbedaan.

“Melalui upaya seperti ini, kita berharap generasi muda dapat menjadi agen perubahan yang menghargai dan melestarikan budaya, serta menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memperkuat semangat keberagaman, kita dapat membentuk masyarakat yang harmonis dan inklusif,” tutup Pj. Wali Kota Sumastro sembari mengajak semua pihak untuk terus mendorong kegiatan positif yang memperkuat ikatan sosial dan budaya di Singkawang.

Ikuti Berita Kalbar Sepekan Lainnya di Google News

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular