15 June 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahPontianak Sukadana, H-1 Lebaran Penumpang Speedboat Meningkat

Pontianak Sukadana, H-1 Lebaran Penumpang Speedboat Meningkat

Kalbar Sepekan – Pontianak Sukadana, menjelang H-1 Lebaran 1444 h/2023 m kali ini jumlah penumpang speedboat dari Pontianak menuju Sukadana, Kabupaten Kayong Utara mengalami peningkatan hingga 300 persen. Peningkatan penumpang speedboat ini dimulai sejak, Selasa (18/4/2023) di Pelabuhan Kapuas Indah, Jumat (21/4/2023).

“Peningkatan penumpang ini sudah dipadati oleh pemudik yang memiliki tujuan keberangkatan ke daerah Kecamatan Sukadana sejak Selasa (18/4) kemarin,” ungkap Dzulkarnaen nakhoda speedboat Pontianak Sukadana,

Bukan tenpa alasan peningkatan penumpang ini merupakan menjelang hari raya Idul Fitri 1444 h/2023 m dan beberapa hari cuti bersama dalam rangka hari raya Idul Fitri ini.

Baca Juga : 6 Tips Dilarang Saat Mendekati Anjing Informasi Ini Penting

Dzulkarnaen menungkapkan, keberangkatan pontianak-sukadana bisa menempuh perjalanan sekitar 4 sampai 5 jam. Sementara jam keberangkatan dari Pelabuhan Kapuas Indah Pontianak sekitar pukul 09.15 WIB dan tiba di Sukadana sekitar pukul 13.30 WIB.

“Kalau dari Pontianak bisa 4-5 jam, sekarang kalau berangkat 09.15  nanti sampainya sekitar jam 13.30 WIB” ungkap Dzulkarnaen.

Ia juga mengungkapkan kapasitas penumpang speedboat sekali keberangkatan maksimal 38 orang dan biasanya tidak pernuh, karena terkadang beberapa penumpang yang membatalkan jadwal keberangkatan.

“Kalau kapasitas speeadboat saya maksimal 38 orang ini juga tidak penuh. Kadangkala ada penumpang yang batal berangkatnya” ucap Dzulkarnaen kepada jurnalis Kalbar Sepekan

Menurutnya kali ini menjalang H-1 Idul Fitri 1444 h/2023 m musim mudik lebaran kali ini mengalami peningkatan jumlah penumpang bila dibandingkan dengan penumpang di hari-hari biasa.

“Kali ini musim mudik lebaran ini sih penumpang saya menjalami peningkatan dan meningkatnya sangat tinggi, bila dibandingkan pada hadi biasanya” kata Dzulkarnaen.

Kendaraan speedboat masih menjadi transportasi paporit dari Ptk. menuju ke Sukadana dan menjadi alternatif transportasi mudik lebaran kali ini. Selain cepat, harga yang dikenakan kepada penumpang juga relatif terjangkau, ungkap Yanto, salah satu penumpang yang menggunakan speedboat dari Ptk. menuju Sukadana yang kemudian menuju ke Kabupaten Ketapangdengan jalur darat selama 2 jam.

“Pake speedboat lumayan enak, karena kalau lewat jalur darat sekarang susah dan jalan rusak, akibatnya jalan menjadi lebih lama,” ungkap Yanto penumpang speedboat ketika hendak berangkat mudik dari Pontianak ke Sukadana.

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular