22 July 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahBengkayangPLBN Jagoi Babang Bengkayang Sudah 100 Persen Siap

PLBN Jagoi Babang Bengkayang Sudah 100 Persen Siap

Bengkayang (Kalbar Sepekan) – Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Jagoi Babang rencana akan diresmikan pada waktu dekat dan dimulai dengan kunjungan Menkopolhukam dan Mendagri pada 13 Desember 2023.

Pernayataan tersebut dilontarkan oleh Bupati Kabupaten Bengkayang, Sabastianus Darwis acara Podcast salah satu media ternama di Pontianak pada Senin (4/12/2023).

“Nanti akan ada Kunker dulu dari Bapak Menkopolhukam dan Mendagri pada tanggal 13 Desember 2023 dan dari situ akan melaporkan kepada Presiden bahwa sudah siap untuk diresmikan mungkin pada awal tahun 2024,” ungkap Sebastianus Darwis.

PLBN Jagoi Babang akan menjadi salah satu PLBN yang ada di Indonesia, bahkan telah siap beroperasi. Ia juga mengatakan hanya menunggu peresmian oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Jokowi Dodo. Hingga membangu Heli Pad sudah selesai, sampai pada jalan alternatif ia juga mengungkapkan pada tiap minggu terus melakukan pemantauan secara langsung.

“Jadi baik itu di Wisma Indonesianya maupun di Pos Lintas Batas Negaranya itu dibangun rumah adat orang Jagoi, termasuk nanti gerbangnya itu berbentuk rumah panjang di atasnya, jadi semua sentuhan lokal,” kata Darwis.

Ia mengungkapkan dengan adanya PLBN Jagoi Babang ini ekonomi masyarakat sekitar turut berdampak. Ia juga mengungkapkan terdapat 10 unit tempat para UMKM.

Darwis berharap setelah diresmikan oleh Presiden nantinya sangat berdampak baik dan ia mengatakan bahwa dikawasan ini akan menjadi kawasan industri. Ia juga menggungkapkan dengan panjang 76 km PLBN akan menjadi penguatan dalam mengurangi jalur-jalur tikus yang dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Saya yakin ini akan mengurangi jalur-jalur tikus itu dan instansi terkait juga pastinya akan melakukan penjagaan ketat serta dapat memutus transaksi ilegal termasuk narkoba dan sebagainya,” harapnya.

Ia berharap dengan dibukanya PLBN ini dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bengkayang. Ia juga berharap wisatawan dari luar negeri dapat mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Bengkayang yang telah disiapkan.

“Paling tidak infrastruktur jalan itu akan menjadi tanggungjawab kami, dan sudah saya salurkan selama dua tahun, sekitar setengah Triliun,” terang Darwis.

Dalam kesempatan tersebut pembangunan lainnya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), ia mengaku bahwa telah mempersiapkannya secara matang, bahkan sejak periode Bupati pertama Kabupaten Bengkayang dan sudah mempersiapkan semuanya termasuk lahan untuk membangun PLTN ini.

“Harapannya tentu dengan hadirnya PLTN ini akan tumbuh perekonomian baru di kawasan perbatasan termasuk Kabupaten Bengkayang, saya yakin dampaknya luar biasa,” harap Darwis.

Dalam ahir dialognya ia mengungkapkan semuanya telah dipersiapkan, termasuk investor karena investor ini yang paling penting untuk pembangunan PLTN ini ungkapnya mengakhiri pembicarannya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular