30 May 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeInformasiMembuat Saus Tiram dengan Jamur Shitake Yang Mudah

Membuat Saus Tiram dengan Jamur Shitake Yang Mudah

Informasi (Kalbar Sepekan) – Membuat Saus tiram dengan tambahan jamur shitake adalah kombinasi sempurna antara cita rasa gurih dan aroma khas dari jamur. Saus ini menjadi favorit bagi pecinta masakan Tiongkok karena dapat memberikan nuansa lezat pada berbagai hidangan. Berikut adalah cara mudah untuk membuat saus tiram yang dapat Anda coba di rumah.

Informasi Bahan yang Diperlukan untuk membuat Saus Tiram :

  • 600 ml air
  • 50 gram jamur shitake kering, direndam hingga lunak
  • 200 gram gula pasir
  • 6 sendok makan air
  • 2 sendok makan dark soy sauce
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan garam
  • 4 sendok makan maizena, dilarutkan dengan 2 sendok makan air

Langkah-langkah Pembuatan Saus Tiram :

  1. Rendam jamur shitake kering dalam air hangat selama beberapa jam hingga lunak. Setelah itu, peras dan potong jamur sesuai selera. Pastikan untuk membuang bagian tangkai yang keras.
  2. Siapkan karamel dengan cara memanaskan gula pasir dan air dalam panci dengan api sedang. Biarkan gula larut dan aduk secara perlahan. Pastikan untuk tidak mengaduk terlalu keras agar karamel tidak menggumpal. Biarkan larutan gula berubah warna menjadi cokelat keemasan.
  3. Setelah karamel terbentuk, tambahkan potongan jamur yang sudah dipersiapkan sebelumnya ke dalam panci. Aduk perlahan agar jamur terbalut dengan karamel secara merata. Dengan cara ini, jamur akan terciumi dengan aroma karamel yang khas.
  4. Tambahkan dark soy sauce, kecap asin, dan garam ke dalam campuran jamur dan karamel. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan coba rasa untuk memastikan rasanya sesuai dengan selera Anda.
  5. Larutkan maizena dengan air dalam wadah terpisah, lalu tuangkan larutan tersebut ke dalam panci. Aduk perlahan agar saus mengental secara merata. Pastikan untuk terus mengaduk agar saus tidak menggumpal dan tetap halus.
  6. Masak saus dengan api kecil hingga mendidih dan mengental. Jika sudah mendidih, matikan api dan biarkan saus dingin sebentar sebelum digunakan.

Saus tiram dengan jamur shitake siap digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan Tiongkok favorit Anda. Selamat mencoba dan nikmati cita rasanya yang kaya dan menggugah selera!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular