21 February 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahSingkawangDamri Rute Singkawang-Kuching Hanya Rp 300 an aja

Damri Rute Singkawang-Kuching Hanya Rp 300 an aja

Singkawang (Kalbar Sepekan) – Dalam ranga launching keberangkatan penumpang menggunakan Bus DAMRI, Pj. Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Aulia Candra hadir dan sekaligus melaunching Damri Rute Singkawang-Kuching yang dilaksanakan di Halaman Singkawang Grand Mall, Jumat (01/12/2023).

Sebelum melaksanakan kegiatan ini Dinas Perhubungan Kota Singkawang telah melakukan simulasi (uji coba) mulai dari Singkawang Grand Mall menuju perbatasan Aruk, Kabupaten Sambas.

Dalam kegiatan tersebut Aulia Candra mengungkapkan dengan adanya trayek Singkawang-Kuching dengan menggunakan sistem Back to Back tuntunya dapat memudahkan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat bagi kedua negara yaitu Indonesia-Malaysia.

“Dengan adanya trayek jurusan Singkawang-Kuching dengan sistem Back to Back ini dapat memudahkan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat di kedua negara bisa menjadi lebih baik,” ungkap Aulia Candra.

Pada kegiatan tersebut juga Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat, Y Anthonius Rawing mengungkapkan bahwa dengan adanya trayek Singkawang-Kuching yang telah Beroperasi diharapkan bisa menjadi awal konektivitas yang baik bagi kedua negara.

Trayek ini diuji coba dalam tiga bulan akan berlanjut juga permanen harap Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat, Y Anthonius.

“Semoga uji coba selama tiga bulan kedepan ini bisa berlanjut dan permanen, sehingga sistem trayeknya bisa ditingkatkan lagi,” harapnya.

Untuk masalah pada regulasi akan terus diutamakan untuk transportasi lintas negara. Ia juga berharap kemyamanan dan keselamatan warga yang akan berpergian menggunakan fasilitas Bus Damri ini lebih di utamakan.

“Disamping itu kenyamanan dan keselamatan warga yang bepergian akan kita utamakan,” harap Y Anthonius.

Dalam kesempatan tersebut Petrus Yuda Sasmita, Kapala Dinas Perhubungan Kota Singkawang mengatakan bahwa pengoperasian bus antar negara ini alah bertujuan untuk membuka konektivitas antar negara. Ia juga berharap konektifitas antar kedua negara ini dapat meningkatkan perdagangan, perekonomian dan juga kesejahteraan bagi ke dua masyarakat dari negara Indonesia dan Malaysia.

Ia mengungkapkan dengan adanya Kota Singkawang sebagai Kota Pariwisata di Kalimantan Barat tentulah ini akan berdampak pada meningkatkan perdagangan, perekonomian dan juga kesejahteraan.

Petrus Yuda Sasmita mengungkapkan pengoperasian bus ini mengguanakan sistem Back to Back. Yang mana ia menjelaskan penumpang yang berangkat dari Kota Singkawang yang menggunakan Bus Damri menuju PLBN Aruk, Kabupaten Sambas. Selanjutnya di PLBN Aruk ini penumpang akan transit ke Bus Asia Biara Mas.

“Setelah transit ke Bus Asia Biara Mas, perjalanan dilanjutkan ke Kucing Malaysia,” ungkap Petrus Yuda Sasmita.

Petrus Yuda Sasmita, sangat berharap dengan adanya program trayek Singkawang-Kuching ini dapat berjalan lancar dan sukses seuai rencana, juga dapat memberikan dampak besar bagi masyarakat Kalimantan Barat secara khususnya masyarakat Kota Singkawang.

“Kita coba 3 bulan dulu, mudah-mudahan lancar dan menjadi permanen,” harap Petrus Yuda Sasmita.

Sedangkan Direktur Komersial Perum DAMRI, Dadan Rudiansyah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat juga kepada Pemerintah Kota Singkawang yang telah memberikan sebuah kesempatan kepada pihaknya untuk memberikan pelayanan penumpang antar negera ini.

Direktur Komersial Perum DAMRI, Dadan Rudiansyah mengatakan pada launching Damri Rute Singkawang-Kuching “Untuk sementara ini kami siapkan satu keberangkatan dulu. Jika memang lancar, kedepannya akan kita tambah lagi armada untuk keberangkatan.”

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular