11 April 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahSingkawangCagar Alam Raya Pasi di Dorong Revisi RPJP-nya Oleh Sumastro

Cagar Alam Raya Pasi di Dorong Revisi RPJP-nya Oleh Sumastro

Singkawang (Kalbar Sepekan) – Penjabat Wali Kota Singkawang, Sumastro, hadir dan membuka acara Konsultasi Publik terkait Revisi Dokumen Rencana Pengelolaan Jangka Panjang (RPJP) Cagar Alam (CA) Raya Pasi Tahun 2024-2033 di Ballroom Mahkota Hotel Singkawang pada hari Kamis, tanggal 2 November 2023. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Barat dan jajarannya, Kepala BKSDA Wilayah Singkawang, Perwakilan Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Kantor Pertanahan Kota Singkawang, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Singkawang, Camat beserta Lurah se-Kota Singkawang, dan Direktur Perumda Gunung Poteng.

Dalam sambutannya, Sumastro merespons positif digelarnya konsultasi publik terkait RPJP Cagar Alam. Ia menekankan pentingnya menjaga dan melestarikan anugerah alam yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Sumastro juga menggarisbawahi bahwa inovasi-inovasi yang diusulkan dalam konsultasi ini akan membawa dampak positif maupun negatif, sehingga semua pihak harus memiliki rasa kepedulian dan tanggung jawab terhadap masa depan Sumber Daya Alam untuk generasi mendatang.

“Kami memberikan dukungan penuh terhadap Cagar Alam Raya Pasi. Kami menegaskan pentingnya penggunaan insentif dalam mempertahankan lokasi tersebut melalui instrumen akurat seperti Peraturan Kepala Daerah (Perda). Kami berharap agar tidak ada kesalahpahaman atau pemikiran yang salah terkait hal ini,” tegas Sumastro.

Lebih lanjut, Sumastro menyampaikan bahwa inovasi pengelolaan untuk cagar alam dapat dilakukan dengan menjaga keseimbangan ekosistem melalui terobosan berupa pengembangan taman wisata alam. Pemerintah siap untuk mendorong hal-hal yang bersifat inovatif bagi Cagar Alam guna menjaga kelestariannya sambil tetap menjadikannya sebagai daya tarik wisata di Kota Singkawang. Ia mengajak semua pihak untuk sepakat dan melanjutkan proses regulasi normatif yang melibatkan para ahli guna mencapai tujuan tersebut.

Kehadiran Sumastro dalam acara konsultasi publik ini menunjukkan komitmen dan perhatian serius dari pemerintah daerah terhadap upaya pelestarian alam dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Diharapkan, melalui diskusi dan kolaborasi aktif antara pemerintah dan berbagai pihak terkait, Kota Singkawang dapat terus mempertahankan keindahan alamnya sambil terus berkembang sebagai destinasi wisata yang menarik.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular