26 May 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahTim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA), Imigrasi Singkawang Perketat Pengawasan Orang Asing

Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA), Imigrasi Singkawang Perketat Pengawasan Orang Asing

Kalbar Sepekan – Dalam rangka melakukan pengawasan terhadap orang asing yang berada di Kota Singkawang, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kota Singkawang melakukan rapat koordinasi dan membentuk tim dari instansi dan/atau lembaga pemerintah yang memiliki tugas dan fungsinya berkaitan dengan keberadaan dan kegiatan Orang Asing ke Kota Singkawang yang dilaksanakan di Swis-bellin Hotel Kota Singkawang pada Selasa (09/05/2023).

Adapun Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) untuk melaksanakan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan Orang Asing secara khusus Orang Asing yang ada di Wilayah Kota Singkawang.

Pada rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing ini turut pula dihadiri oleh Kepala Sub Bidang Intelijen Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat yakni Bapak Suriansyah. Ia mengatakan sebagai institusi yang diberi kewenangan dalam mengatur lalu lintas orang masuk dan keluar wilayah Indonesia serta melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing tentunya tidak akan efektif bila tidak dibentuk suatu tim yang terkoordinasi yang disebut TIMPORA. Karena Tempat Pemeriksaan Imigrasi di Indonesia sangat banyak sehingga orang asing bisa masuk dari mana saja melalui di berbagai tempat Pemeriksaan Imigrasi di seluruh Indonesia sehingga dalam pengawasannya harus dibutuhkan informasi yang akurat.

Baca Juga : Pantai Samudra Indah Bengkayang Telan Korban Dan Dinyatakan Hilang

“Imigrasi sebagai institusi yang diberi kewenangan dalam mengatur lalu lintas orang masuk dan keluar wilayah Indonesia serta melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing tentunya tidak akan efektif bila tidak dibentuk suatu tim yang terkoordinasi yang disebut Timpora karena Tempat Pemeriksaan Imigrasi di Indonesia sangat banyak sehingga orang asing bisa masuk dari Tempat Pemeriksaan Imigrasi mana saja sehingga dalam pengawasan sangat dibutuhkan informasi yang akurat” ungkap Suriansyah.

Suriansyah dalam hal tersebut ia mengapresiasi semangat, saran dan tanggapan dari para peserta rapat Timpora yang diharapkan kedepannya Timpora ini dapat berjalan dengan baik dan efektif sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Selain itu Suriansyah juga mengapresiasi semangat saran dan tanggap dari para peserta rapat Timpora yang diharapkan kedepannya Timpora ini dapat berjalan dengan baik dan efektif sesuai dengan tugas serta fungsinya dari Timpora.

Dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi ini dirangkai dengan Laporan dari Ketua Panitia Pelaksana yaitu Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Aulia Mufti Kusdinar yang kemudian dilanjutkan Kata Sambutan yang sekaligus membuka secara resmi oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang, Azriyal Zam.

Azriyal dalam sambutannya mengungkapkan paca pandemi peningkatan keberadaan orang asing di wilayah Kota Singkawang cukup signifikan, baik yang bertujuan untuk berwisata, mengunjungi keluarga, kegiatan keagamaan hingga urusan bisnis. Terlebih wilayah Kota Singkawang cukup dekat dengan perbatasan Sarawak, Malaysia

“bahwa pasca pandemi, peningkatan keberadaan orang asing di wilayah Kota Singkawang cukup signifikan baik yang bertujuan untuk berwisata, mengunjungi keluarga, kegiatan keagamaan hingga urusan bisnis. Terlebih wilayah Kota Singkawang cukup dekat dengan perbatasan Sarawak, Malaysia” ungkap Azriyal

Ia berharap dengan adanya rapat koordinasi ini seluruh anggota Timpora Kota Singkawang dapat berperan aktif dalam rangka menjaga dan mengawasi keberadaan Orang Asing di Wilayah Kota Singkawang agar dapat mengantisipasi permasalahan yang akan muncul sehingga keamanan dan ketertiban akan selalu terjaga.

“Mengenai hal tersebut, maka harapan dengan terselenggaranya Rapat Tim Pengawasan Orang Asing ini, seluruh anggota Timpora Kota Singkawang dapat berperan aktif untuk menjaga dan mengawasi keberadaan Orang Asing di Wilayah Kota Singkawang supaya dapat mengantisipasi permasalahan yang akan muncul sehingga keamanan dan ketertiban di Singkawang akan selalu terjaga” harap Azriyal.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakannya diskusi antar sesama anggota Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) mengenai berbagai isu – isu actual terkait orang asing yang ada di Wilayah Perbatasan Kota Singkawang. Dalam pelaksanaan rapat koordinasi ini peserta rapat tampak antusias dalam mengemukakan pendapat, saran dan tanggapannya terkait beberapa kendalam baik dalam melaksanakan pengawasan orang asing.

Untuk itulah Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kota Singkawang melaksanakan rapat koordinasi tentang Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) untuk mengangkat isu-isu terkait orang-orang asing yang berada di wilayah Kota Singkawang.

Tentunya dengan pelaksanaan rapat koordinasi Tim Pora Kantor Imigrasi Singkawang bersama Tim Pora Singkawang yang tergabung dari instansi dan/atau lembaga pemerintah Kota Singkawang  untuk dapat saling bersinergi untuk menjaga keamanan dan ketertiban dari orang asing baik yang datang ataupun berada di wilayah Kota Singkawang.

Sumber : kanimsingkawang.kemenkumham.go.id

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular