25 July 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahSingkawangPermasalahan Serius di Jalan Parit Ketapang, Sumastro Ajak Masyarakat Turut Peduli Lingkungan

Permasalahan Serius di Jalan Parit Ketapang, Sumastro Ajak Masyarakat Turut Peduli Lingkungan

Singkawang (Kalbar Sepekan) – Dalam rangka menghadapi musim hujan, Pj. Wali Kota Singkawang Sumastro, menyoroti permasalahan serius yang terjadi di Jalan Parit Ketapang, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat. Dalam kesempatan tersebut ia menekankan urgensi pemeliharaan saluran air di tengah-tengah jalan tersebut, yang telah menjadi sorotan publik akibat penyumbatan oleh rumput-rumput yang tebal. Pada Selasa, (31/10/2023).

Sumastro mengungkapkan bahwa ia melihat langsung permasalahan yang sedang terjadi. “setelah saya lihat langsung, ternyata ditemukan permsalahnnya.”

Dalam kunjungan lapangan ke jalan Parit Ketapang, Sumastro secara tegas mengungkapkan komitmennya untuk menemukan pemilik lahan terkait dan memastikan keterlibatan mereka dalam menjaga kebersihan saluran air di sekitar tanah mereka. Pernyataannya yang tegas dan jelas tersebut memperlihatkan keseriusan Pemerintah Kota Singkawang dalam mengatasi persoalan yang mengancam keberlangsungan kota.

“Ada sebidang tanah/lahan tidur tak diketahui pemiliknya ditengah-tengah rumah permukiman, temukan siapa pemiliknya utk dimintai tanggung jawab pelihara tanah itu jangan jadi hutan kota habitat ular, kala jengking dan sejenisnya.” kata Sumastro

“Kami tidak boleh membiarkan hal ini terus terjadi. Saluran air yang tidak terjaga dengan baik dapat menjadi biang keladi terjadinya banjir. Kita harus bertanggung jawab, bukan hanya sebagai warga negara, tapi sebagai komunitas yang peduli terhadap lingkungan kita,” tandas Sumastro.

Lebih lanjut, ia mengajak warga setempat untuk turut serta dalam aksi bersama membersihkan saluran air minimal dua minggu sekali. Ia menekankan bahwa setiap individu memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama dalam mencegah terjadinya banjir yang dapat merugikan seluruh warga.

Sumastro juga menegaskan bahwa kebersihan saluran air bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi merupakan tanggung jawab bersama. Dengan sinergi dan kesadaran kolektif dari warga Kota Singkawang, ia yakin bahwa permasalahan ini dapat diselesaikan dengan baik demi keberlangsungan kota yang lebih aman dan nyaman bagi seluruh warganya.

Tetap terhubung dengan kami untuk pembaruan lebih lanjut mengenai upaya Pemerintah Kota Singkawang dalam menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah terjadinya banjir di musim hujan ini.

Sumastro berpesan kepada RT Jalan Parit Ketapang agar mengajak warganya perhatikan lingkungannya masing-masing dan tidak cuek terhadap kebersihan lingkungan, bukan hanya tugas pemerintah, melainkan tugas bersama untuk terus memelihara kebersihan lingkungan.

Sumastro juga akan terus arahkan kepada Lurah yang ada di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang untuk mendata lingkungan di wilayah kelurahannya masing-masing setiap minggu dan melaporkannya.

“Saya ulang terus arahan ini kepada para Lurah dalam Kota Singkawang untuk lakukan pendataan kondisi lingkungan setiap Minggu dan laporkannya” ungkap Sumastro.

Ia juga meminta agar jadwalkan gotong royong membersihkan lingkungan minimal dua minggu sekali agar dapat membantu OPD terkait pinta Sumastro.

“Saya minta buatkan jadwal gotong royong bersihkan lingkungan minimal 2 minggu sekali, warga masyarakat diminta kerja Bhakti dan diback up OPD terkait.” Tambah Sumastro

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular