16 June 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahPenanggulangan Rabies di Singkawang, Sumastro Berkomitmen Lindungi Masyarakat dan Hewan Peliharaan

Penanggulangan Rabies di Singkawang, Sumastro Berkomitmen Lindungi Masyarakat dan Hewan Peliharaan

SINGKAWANG, Kalbar Sepekan, 16 Agustus 2023 – Drs. H. Sumastro, M.Si, Penjabat Wali Kota Singkawang, mengambil peran puncak dalam Rapat Koordinasi Penanggulangan Rabies. Acara ini digelar dengan penuh keseriusan di Ruang Rapat Wali Kota Singkawang pada hari Rabu (16/08/2023).

Momen tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Ketua DPRD Kota Singkawang, Kapolres Kota Singkawang, Dandim Kota Singkawang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Singkawang, serta para Kepala Perangkat Daerah terkait beserta staf mereka.

Dalam rapat Penanggulangan Rabies di Singkawang, Pj. Wali Kota Singkawang, Drs. H. Sumastro, M.Si, menyampaikan seruan yang sangat penting kepada semua perangkat daerah terkait. Ia meminta agar perangkat daerah segera mengeluarkan Surat Edaran kepada masyarakat, terutama kepada pemilik hewan peliharaan, terutama anjing, untuk menjalani vaksinasi. Namun, ia menekankan bahwa vaksinasi hanya diberikan pada hewan peliharaan yang sehat secara medis.

“Kami mengerti bahwa memelihara hewan peliharaan, termasuk anjing, adalah hak asasi. Namun, sebagai tanggung jawab kita, kita harus memastikan bahwa hewan-hewan ini tidak menjadi penyebab penyebaran rabies. Vaksinasi menjadi langkah penting untuk melindungi masyarakat dan hewan peliharaan itu sendiri,” tegas Sumastro.

Selain ajakan untuk vaksinasi, Sumastro juga menggarisbawahi urgensi pembentukan dan pelaksanaan Bulan Pengendalian dan Pemberantasan Rabies secara terpadu. Ia berharap program ini dapat diterapkan di berbagai daerah, termasuk kabupaten tetangga seperti Sambas dan Bengkayang.

“Harapan kami, semua pemikiran dan langkah konkret yang diambil dalam rapat ini akan bermuara pada satu tujuan bersama: melindungi warga kami dan menciptakan lingkungan yang aman dari risiko rabies. Semua instansi terkait perlu berkolaborasi erat untuk mencapai hal ini,” lanjut Sumastro.

Rapat Koordinasi Penanggulangan Rabies di Singkawang ini menjadi bukti nyata bahwa pemerintah daerah Singkawang mengambil langkah serius dalam mengatasi ancaman rabies. Dengan melibatkan berbagai instansi dan tokoh penting, diharapkan langkah-langkah konkret akan diambil untuk menjaga kesehatan dan keamanan warga serta hewan peliharaan di daerah ini.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular