30 May 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeInformasiKenali Wakil Bupati Bengkayang Syamsul Rizal

Kenali Wakil Bupati Bengkayang Syamsul Rizal

Informasi (Kalbar Sepekan) – Drs. H. Syamsul Rizal adalah Wakil Bupati Kabupaten Bengkayang. Mulai manjabat pada 26 Februari 2021 mendampingi Sebastianus Darwis dalam Pilkada Bengkayang pada 2020 diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Golkar. Syamsul Rizal pernah menjadi dosen STKIP PGRI Pontianak dan FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak dan guru SMA Ngeri 5 Pontianak juga SMA Santun Untan Pontianak.

Syamsul Rizal lahir pada 24 Agustus 1959 di Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia. Berkebangsaan Indonesia, memiliki 3 orang anak dari pernikahannya dengan Yuliati dan Arsyad H. Ahmal adalah ayah dari Syamsul Rizal.

Riwayat Pendidikan Syamsul Rizal
Tahun 1965-1971 Sekolah Dasar Negeri 1 Singkawang
Tahun 1972-1974 Sekolah Menegah Pertama Negeri 3 Singkawang
Tahun 1974-1977 Sekolah Menegah Atas Negeri
Tahun 1979-1983 FKIP IKIP Yogyakarta Program Studi Didaktik Kurikulum (S-1)

Riwayat Pekerjaan Syamsul Rizal
1984-1985 Guru di SMA Negeri 5 Pontianak
1985-1989 Dosen di FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak
1985-1999 Dosen di STKIP PGRI Pontianak
2001-2003 Guru di SMA Santun Untan Pontianak
2021-sekarang Wakil Bupati Bengkayang

Pilkada Bengkayang 2020, Rizal mencalonkan diri calon wakil bupati mendampingi Sebastianus Darwis. Darwis adalah merupakan putra dari Bupati Kabupaten Bengkayang pertama Jacobus Luna, juga pernah menjabad sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang dan merupakan kader PDI Perjuangan, namun Darwis-Rizal diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Golkar yang memiliki total 9 kursi di DPRD Kabupaten Bengkayang.

Selain itu mereka juga didukung Patai Berkarya dan Wakil Bupati Bengkayang pertama, Moses Ahie. Sehingga pasangan ini mendaftar ke KPU Bengkayang pada 5 September 2020. Darwis-Rizal menjadi satu dari 4 pasangan calon yang berkontestasi dalam Pilkada Bengkayang 2020 dengan jargon SDM Unggul, Bengkayang Mantap.

Pada 17 Desember 2020 rapat pleno yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Bengkayang, pasangan calon Darwis-Rizal beroleh (38,01%) atau 44.955 suara sah yang menempatkan sebagai peraih suara terbanyak dan mengungguli dari 3 paslon lain.

Pada 22 Januari 2021, KPU Bengkayang menetapkan pasangan calon Darwis-Rizal sebagai bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pilkada Kabupaten Bengkayang tahun 2020. Sehingga mengantarkan Sebastianus Darwis dan Syamsul Rizal dilantik oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Pontianak.

Pada 26 Februari 2021 bersama 4 pasangan kepala daerah yang terpilih diantaranya adalah Martin Rantan dan Farhan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ketapang, Fransiskus Diaan dan Wahyudi Hidayat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, Jarot Winarno dan Sudiyanto sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sintang, juga Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Kluisen sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Melawi.

Siapakah Bupati Bengkayang?

Setelah dilantik oleh Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji pada tanggal 26 Feberuari 2021 di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar. Sebastianus Darwis, SE., MM dan Drs. H. Syamsul Rizal sah manjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkayang, kemudian pada 1 Maret 2021 laksanakan serah terima jabatan Bupati Bengkayang dari Pj. Bupati Bengkayang Yohanes Budiman.

Siapa nama Bupati Bengkayang yang pertama?
Tentunya Bupati Bengkayang bukan hanya Sebastianus Darwis saja. Pada 27 April 1999, Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah mengangkat Bupati Bengkayang yang pertama kali yaitu Drs. Jacobus Luna sedikit infomasi bahwa Bupati Bengkayang saat ini adalah putra dari Drs. Jacobus Luna

Bengkayang suku apa?
Mayoritas suku Dayak yang ada di Kabupaten Bengkayang sampai saat ini dan terbagi dalam berbagai sub suku daiantaranya adalah Dayak Bakati Inyam, Dayak Bakati Rara, Ba’ahe, Ba’dameo, Ba’nyadu dan Bidayuh.

Bengkayang masuk kabupaten apa?
Bengkayang adalah Kabupaten Bengkayang dalam wilayah pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular