21 April 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahSingkawangJokowi ke Singkawang Meresmikan Bandara Singkawang

Jokowi ke Singkawang Meresmikan Bandara Singkawang

Singkawang (Kalbar Sepekan) – Dalam rangka kunjungan kerja ke Kalimantan Barat Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dalam kunjungannya tersebut Jokowi ke Singkawang untuk meresmikan Bandara Singkawang di Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat pada Rabu (20/03/2024).

Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi menjelaskan pembangunan Bandara Singkawang adalah sebuah hasil kolaborasi yang sangat baik antara sektor publik dan swasta. Ia juga mengatakan bahwa keberadaan Bandara Singkawang ini dapat mempercepat mobilitas orang, barang, dan logistik juga dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian baru di Kota Singkawang.

“Kita harapkan ini akan mempercepat mobilitas orang, mempercepat mobilitas barang, mempercepat mobilitas logistik dari dan ke Singkawang dan kita harapkan nanti akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Kota Singkawang,” ungkap Jokowi.

Presiden Joko Widodo dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas pembangunan bandara yang telah dibangun sejak tahun 2019 dan memiliki landasan mencapai 2.000 meter, serta terminal seluas 8.000 meter persegi. Bandara Singkawang ini juga dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) serta dukungan Corporate Social Responsibility (CSR) dari pengusaha lokal.

“Saya menyampaikan terima kasih karena kalau pola ini bisa dilakukan di banyak bandara atau banyak proyek atau banyak pelabuhan ini akan mempercepat pembangunan infrastruktur yang berada di Tanah Air kita,” Jokowi mengungkapkan.

Ia juga menjelaskan dari pembangunan Bandara Singkawang ini adalah sebuah kolaborasi yang sangat baik antara sektor publik dan swasta. Dengan kontribusi dari APBN sebesar Rp 272 miliar dan dukungan pengusaha lokal mencapai Rp 155 miliar, dari proyek ini menjadi contoh untuk daerah-daerah lain bagaimana keterlibatan aktif masyarakat dapat mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia.

“Bandara ini bisa dijadikan contoh, dikopi, direplikasi di daerah-daerah yang lain terutama kerja samanya tadi ada skema kerja sama pemerintah dan badan usaha plus CSR ini sangat bagus, sekali lagi. Ini akan sekali lagi sangat mempercepat pengembangan potensi yang ada di berbagai wilayah di Tanah Air kita,” harap Joko Widodo.

Dalam kesempatan yang sama Menhub, Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa konsep rancangan Bandara Singkawang terinspirasi dari tiga gunung di sekitar lokasi bandara, yaitu Gunung Raya, Gunung Pasi dan Gunung Poteng.

Sedangkan Singkawang adalah istilah bahsa dari bahasa Hakka yaitu “San Khew Jong”, yang memiliki arti etimologis berarti sebuah daerah yang berada di daerah perbukitan serta berdekatan dengan laut dan muara.

Menhub Budi Karya Sumadi juga berterima kasih kepada para pihak yang telah mendukung dari pembangunan Bandara Singkawang. “Kami sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dukungan Forkopimda Provinsi maupun Kota, Kementerian dan Lembaga terkait, kepada DPR RI, serta seluruh masyarakat dan pelaku usaha Singkawang,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo didampingi oleh Ketua Komisi V DPR RI Lassarus, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Anggota Wantimpres Gandi Sulistiyanto, Pj. Gubernur Kalimantan Barat Harisson dan Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular