25 May 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahSingkawangHarapan Aulia Candra Pada Pembukaan O2SN, FLS2N dan OSN Di Singkawang

Harapan Aulia Candra Pada Pembukaan O2SN, FLS2N dan OSN Di Singkawang

Singkawang (Kalbar Sepekan) – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Aulia Candra, membuka secara resmi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), dan Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diikuti ribuan siswa SD dan SMP di Mess Daerah Singkawang pada Senin (13/5/2024). Acara ini bertujuan mengembangkan bakat dan kreativitas siswa di bidang akademik dan non-akademik.

Dalam sambutannya, Aulia Candra menekankan pentingnya acara ini sebagai wadah bagi siswa untuk mengekspresikan kreativitas dan meraih prestasi. “Event ini merupakan wadah bagi siswa untuk berkreativitas. Prestasi siswa tidak hanya dinilai dari akademik saja tapi juga bisa di bidang seni dan olahraga, serta bidang lainnya sesuai dengan kurikulum belajar merdeka,” ujar Aulia Candra.

Ia berharap bahwa melalui kegiatan ini, siswa dapat menunjukkan kemampuan terbaik mereka sehingga dapat meraih sertifikat atau ijazah yang bisa membantu mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Dengan begitu, ketika ingin melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya, mereka sudah memiliki ijazah atau sertifikat yang berkaitan dengan prestasinya,” tambahnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Singkawang, Asmadi, menyampaikan bahwa O2SN, FLS2N, dan OSN merupakan agenda tahunan yang bertujuan mengembangkan bakat siswa di berbagai bidang. “Prestasi di bidang seni sastra untuk di Kota Singkawang memang cukup unggul. Yang perlu kita benahi bersama dengan semua stakeholder adalah olahraga,” kata Asmadi.

Asmadi juga menyoroti pentingnya kolaborasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) serta masing-masing ketua Pengurus Cabang (Pengcab) olahraga untuk meningkatkan pembinaan dan melahirkan atlet siswa berprestasi. “Kita akan bekerjasama dengan KONI serta masing-masing ketua Pengcab olahraga,” ujarnya.

Asmadi mendorong para peserta untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam event ini. “Kalah atau menang itu biasa, yang penting siswa sudah berani tampil dalam menunjukan kemampuannya,” ungkapnya.

Acara dimulai dengan pawai pembukaan yang mengambil rute dari Mess Daerah Jalan Merdeka, kemudian ke Jalan Budi Utomo, Jalan Saman Diman, Jalan Setia Budi, Jalan Niaga, Jalan Sejahtera, Jalan Kepol Mahmud, Jalan P. Diponegoro, Jalan Yos Soedarso, Jalan Mesjid, dan finish di Jalan Merdeka. Ribuan siswa berpartisipasi dalam pawai ini, menunjukkan semangat dan kebanggaan mereka sebagai bagian dari ajang bergengsi ini.

Dengan adanya O2SN, FLS2N, dan OSN, diharapkan siswa dapat mengembangkan bakat dan kreativitas mereka lebih luas lagi. Selain itu, ajang ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk berprestasi di berbagai bidang, yang tidak hanya terbatas pada akademik. Melalui event ini, Kota Singkawang berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi siswa dalam mengembangkan potensi mereka, baik di bidang seni, olahraga, maupun sains.

Ajang O2SN, FLS2N, dan OSN ini merupakan upaya nyata dari pemerintah Kota Singkawang untuk memupuk dan mengembangkan bakat serta kreativitas siswa. Dengan dukungan penuh dari Disdikbud dan partisipasi aktif dari seluruh siswa, diharapkan prestasi siswa Kota Singkawang dapat semakin gemilang di tingkat nasional maupun internasional.

Aulia Candra menegaskan komitmen pemerintah Kota Singkawang dalam mendukung pengembangan bakat siswa. “Melalui event ini, saya berharap kepada siswa dapat menyalurkan kemampuannya sehingga bisa berprestasi. Dengan begitu, ketika ingin melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya, mereka sudah memiliki ijazah atau sertifikat yang berkaitan dengan prestasinya,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular