22 July 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahSingkawangB2SA Goes To School Menanamkan Pola Makan Sehat Sejak Dini

B2SA Goes To School Menanamkan Pola Makan Sehat Sejak Dini

Singkawang (Kalbar Sepekan) – Pendidikan tentang konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) kini merambah ke sekolah-sekolah. Badan Pangan Nasional, berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat, menyelenggarakan program “B2SA Goes To School” di SD Negeri 27 Singkawang, Selasa (11/6/2024).

Dengan pendekatan yang interaktif dan menyenangkan, seperti media dongeng dan edugames, anak-anak diharapkan dapat lebih mudah mencerna pesan tentang pentingnya pola makan yang sehat. Sri Rebecca, Analis Ketahanan Pangan dari Badan Pangan Nasional, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah mempromosikan pola konsumsi pangan B2SA sejak dini.

“Kita melakukan promosi pola konsumsi pangan melalui sosialisasi dan edukasi B2SA sejak dini, jadi kita masuk ke sekolah-sekolah,” jelas Sri Rebecca. Program ini sudah berjalan di 38 provinsi pada tahun 2024, dengan setiap provinsi mendapatkan alokasi di 10 sekolah.

Kepala Bidang Konsumsi Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, Herdawati, juga menegaskan pentingnya edukasi ini. “Sekarang itu banyak anak-anak yang lebih suka junk food dan susah makan sayur, maka dari itu melalui ini kita memberikan edukasi kepada anak supaya mereka mau mengonsumsi menu makanan B2SA,” jelasnya.

Walikota Singkawang mendukung penuh kegiatan ini dan berharap agar program edukasi pangan sehat ini bisa diadopsi oleh pemerintah daerah lainnya. “Harapannya replikasi dari anggaran daerah untuk menggencarkan agenda serupa bisa dilanjutkan,” ujar Herdawati.

Dengan menggandeng berbagai mitra, Badan Pangan Nasional dan Dinas Ketahanan Pangan Kalbar berharap program ini dapat menciptakan generasi emas 2045 yang produktif, sehat, dan aktif. Edukasi seperti ini diharapkan bisa mengubah kebiasaan makan anak-anak yang cenderung menyukai junk food, menuju pola makan yang lebih sehat dan seimbang.

Sri Rebecca menambahkan, “Kami tentu mengajak seluruh mitra untuk berkolaborasi bersama agar anak-anak dapat memahami apa itu makanan B2SA. Guna terciptanya generasi emas 2045 yang produktif sehat dan aktif.”

Edukasi melalui pendekatan yang menarik dan interaktif seperti ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan. Anak-anak tidak hanya mendapatkan pengetahuan, tetapi juga termotivasi untuk menerapkan pola makan sehat dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dengan demikian, kampanye B2SA Goes To School menjadi langkah penting dalam membangun kesadaran dan kebiasaan makan sehat sejak dini.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular