30 May 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahTaman Gunung Sari Tempat Pelaksanaan World Clean Up Day Kota Singkawang Tahun...

Taman Gunung Sari Tempat Pelaksanaan World Clean Up Day Kota Singkawang Tahun 2023

SINGKAWANG, KS – Dalam rangka memperingati World Clean Up Day tahun 2023, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, akan menggelar serangkaian kegiatan aksi bersih sampah dan penanaman pohon di Taman Gunung Sari. Ini adalah salah satu langkah penting dalam upaya mengatasi masalah sampah yang semakin mendesak dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

World Clean Up Day (WCD): Bersama Bersihkan Dunia

World Clean Up Day (WCD) adalah sebuah gerakan global yang mempersatukan manusia dari berbagai budaya, agama, suku, dan ras untuk satu tujuan mulia: membersihkan dunia dari masalah sampah. Dalam hal ini, Kota Singkawang, dengan dukungan penuh dari Pemerintah Kota dan Dinas Lingkungan Hidup, memandang aksi ini sebagai perwujudan konkret dari peningkatan kepedulian terhadap masalah sampah dan upaya untuk memupuk rasa cinta kasih terhadap Bumi.

Mengapa World Clean Up Day Penting?

Pentingnya World Clean Up Day di Kota Singkawang dan seluruh dunia tidak bisa diremehkan. Sampah yang semakin bertumpuk telah menjadi masalah global yang mengancam lingkungan kita. Sebagai tindak lanjut atas Surat Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah Bahan dan Bahan Berbahaya dan Beracun Nomor S.538/PSLB3/PUS/PLB.2/9/2023 tanggal 1 September 2023 yang mendukung kegiatan aksi bersih World Clean Up Day, Kota Singkawang merasa perlu untuk ikut berpartisipasi dalam upaya bersama membersihkan sampah dan menciptakan Indonesia yang lebih bersih.

Kesuksesan World Clean Up Day

Melihat sejarahnya, World Clean Up Day telah berhasil memobilisasi jutaan relawan sejak tahun 2018. Lebih dari 24 juta relawan telah terlibat dalam gerakan ini, berhasil mengumpulkan dan mengelola lebih dari 43 ribu ton sampah. Ini adalah bukti nyata bahwa masyarakat Indonesia memiliki kesadaran yang tinggi tentang masalah sampah dan berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi.

Tantangan untuk Kota Singkawang

Target yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Singkawang adalah pengurangan sampah sebesar 30% dan penanganan sampah sebesar 70% dari total timbulan sampah kota. Ini adalah tantangan besar yang hanya dapat dicapai melalui kolaborasi semua pihak, mulai dari pemerintah hingga masyarakat.

Peringatan World Cleanup Day Tahun 2023 di Kota Singkawang

Dalam rangka memperingati World Clean Up Day 2023, Kota Singkawang mengajak semua warganya untuk berpartisipasi dalam Aksi Bersih Bersama. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Jumat, (22/09/2023) pukul 06.30 WIB sampai dengan selesai di Taman Gunung Sari, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat

Peserta diharapkan mengenakan pakaian olahraga dan membawa peralatan kerja bakti. Ini adalah langkah nyata dalam menjaga kebersihan dan keindahan Kota Singkawang serta mendukung kampanye kesadaran lingkungan.

Keterlibatan Pihak-Pihak

Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Lingkungan Hidup telah mengajak Forkopimda Kota Singkawang, komunitas, dan masyarakat Kota Singkawang untuk berpartisipasi dalam aksi bersih yang dilaksanakan di Taman Gunung Sari, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat. Ini adalah upaya bersama untuk menciptakan Kota Singkawang yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan.

Bergabung Bersama-sama untuk Masa Depan yang Lebih Bersih

Partisipasi aktif dari semua pihak dalam aksi ini sangat penting. WCD bukan hanya sebuah peristiwa tahunan; ini adalah panggilan untuk tindakan nyata dalam menjaga kebersihan lingkungan. Kita semua adalah bagian dari solusi.

Mari bersama-sama menjadi agen perubahan untuk masa depan yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan. Jadilah bagian dari gerakan bersama dalam mendukung World Clean Up Day 2023 di Kota Singkawang. Dengan bergabung dalam Aksi Bersih Bersama, Anda telah berkontribusi dalam menciptakan Indonesia yang lebih bersih dan berkelanjutan.

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular