21 February 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahSingkawangPeringati Hari Guru Nasional 2023 Menitipkan Pesan Ini Kepada Para Guru di...

Peringati Hari Guru Nasional 2023 Menitipkan Pesan Ini Kepada Para Guru di Singkawang

Singkawang (Kalbar Sepekan) – Dalam rangka memperingti hari Guru Nasional 2023 Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro menjadi Inspektur Upacara yang dilaksanakan di Halaman Kantor Wali Kota Singkawang, Selasa (28/11/2023).

Adapun kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, perwakilan TNI/Polri, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Ketua PGRI Kota Singkawang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan peserta upacara para guru-guru se-Kota Singkawang.

Sebagai Inspektur Upacara, Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro menyampaikan amanat dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, dalam isi amanantnya ia manyampaikan bahwa Tengaga Pendidik di Seluruh Indonesia akan terus bergerak demi mewujudkan Merdeka Belajar.

Adapun dalam sambutan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang dibacakan oleh Pj. Wali Kota Singkawang ia mangatakan bahwa pada tahun pertama Merdeka Belajar, Pemerintah melakukan penghapusan Ujian Nasional yang artinya memberikan kepercayaan kepada Guru.

Dalam sambutan tersebut Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia juga mengatakan penerapan Asesmen Nasional tujuannya untuk menciptakan lingkungan belajar aman, inklusif juga menyenangkan. Ia juga berharap dapat menumbuhkan kecakapan literasi, numerasi dan karakter murid.

“Penerapan Asesmen Nasional bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan. Sehingga mampu menumbuhkan kecakapan literasi, numerasi serta karakter murid”, kata Sumastro.

Pemerintah telah meluncurkan Kurikulum Merdeka yang lebih menekankan pada pemahaman dalam serta memberikan peluang kepada para Guru berkreasi juga berinovasi untuk mengembangkan pelajaran yang lebih menyenangkan sesuai kebutuhan para muridnya. Ia juga menggungkapkan bahwa telah saling terhubung para guru se-Indonesia dalam Platform Merdeka Mengajar.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia mengungkapkan melalui amanat Pj. Wali Kota Singkawang bahwa ada trobosan baru, yaitu Pemerintah telah meluncurkan Pendidikan Guru Penggerak. Yang tujuannya adalah untuk mendorong lahirnya para generasi para guru, kepala sekolah juga pengawas sekolah yang dapat memimpin perubahan nyata.

Target 1 juta ASN PPPK Guru untuk memenuhi kebutuhan guru juga meningkatkan kesejahteraan para Pendidik selanjutnya akan segera terwujud.

“Saat ini, Target 1 Juta ASN PPPK Guru untuk memenuhi kebutuhan Guru serta meningkatkan kesejahteraan para Pendidik akan segera terwujud”, tamahnya.

Sumastro berharap pada tahun 2023 dengan adanya Peringatan Hari Guru Nasional 2023 sebuah penanda ada kesatuan tekad untuk mempercepat kemajuan sistem pendidikan di Indonesia. Ia juga mengajak para Guru di lingkungan Pemerintahan Kota Singkawang untuk merayakan semangat untuk terus maju untuk melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar.

“Mari kita rayakan hari ini dengan semangat untuk terus maju melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar”, tutup Sumastro.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular