25 July 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDaerahBunga Udumbara Tumbuh Setelah 3.000 Tahun di Mempawah, Kalbar

Bunga Udumbara Tumbuh Setelah 3.000 Tahun di Mempawah, Kalbar

Mempawah (Kalbar Sepekan) – Kejadian luar biasa terjadi di Desa Terap, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, ketika tumbuhan yang diduga sebagai bunga Udumbara, sebuah bunga mungil yang mekar sekali dalam 3.000 tahun, tumbuh subur. Penemuan langka ini pertama kali dilaporkan oleh drh. Sri, seorang dokter hewan yang bekerja di kantor Instalasi Pembibitan Ternak Itik dan HPT, Bidang peternakan, Disbunnak Provinsi Kalbar yang terletak di Desa Terap.

Bunga langka ini ditemukan dalam salah satu ruangan di kantor tersebut dan menciptakan kebingungan di kalangan peneliti dan para pecinta tumbuhan. Sri, yang pertama kali menemukan bunga ini, awalnya tidak tahu jenis tumbuhan tersebut dan bahkan sempat mencari informasi di internet untuk mengidentifikasinya.

Sri berkata, “Ada 27 tangkai. Baru ini nemu bunga yang imut tapi langka, awalnya malah dikira sarang laba-laba.” Dia menambahkan bahwa bunga ini mulai muncul pada hari Rabu, 4 Oktober 2023, dan akan mekar selama sekitar satu tahun, menurut informasi yang dia temukan di internet.

Terkait penemuan ini, Sri berencana untuk menjaga tumbuhan langka ini dengan baik. “Akan disimpan (dijaga) biar keluar bau wanginya. Karena lihat di Google, bunga ini mekar setahun sekali,” jelasnya.

Bunga Udumbara adalah salah satu misteri alam yang sangat langka. Keterbatasan sampel yang tersedia dan frekuensi mekarnya yang sangat jarang membuat para peneliti kesulitan untuk memahami dengan lebih baik. Oleh karena itu, hingga saat ini, belum ada gambaran pasti mengenai tumbuhan ini.

Apakah Udumbara ini masuk dalam kategori tumbuhan atau hewan, serta apa nama ilmiahnya dalam bahasa Latin, masih menjadi pertanyaan besar yang belum bisa dijawab secara ilmiah.

Namun, bunga Udumbara memiliki makna khusus dalam beberapa tradisi keagamaan. Di beberapa budaya, Udumbara dipandang sebagai bunga yang berasal dari surga, yang melambangkan keberuntungan, keselamatan, dan pembebasan manusia dari penderitaan. Penemuan langka ini menjadi sebuah peristiwa yang sangat menarik dan membingungkan dalam dunia botani dan kepercayaan keagamaan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular